Tips Anakan IKAN GUPPY Berjenis Kelamin JANTAN Semua

Setiap orang pastinya mempunyai hobi yang berbeda-beda, termasuk saya mempunyai hobi berternak ikan hias. Saya sendiri juga pernah membudidaya iklan guppy, ikan cupang, ikan black molly, ikan pedang, dan lain sebagainya.

Dari hasil ternak ikan hias yang saya lakukan, telah saya mulai sejak duduk di bangku SMA, dan namun semenjak duduk di bangku perkuliahan, kesibukan semakin bertambah dan alhasil ternak ikan hiasnya sempat saya stop karena alasan ingin fokus kuliah saja.

Membudidaya ikan guppy memang terbilang cukup mudah dan praktis. Anda cukup membeli 1 indukan guppy betina dan 1 indukan jantan yang masih usia sedang, maka anda bisa meng4winkan kedua induk jantan dan betina dalam satu wadah/kolam dengan ukuran sedang. Biarkan saja hingga si induk betina menjadi bunting, dan perutnya bertambah besar, hingga melahirkan anak-anaknya.

Ikan guppy betina berkembangbiak melalui reproduksi secara seksual, yaitu melalui pembuahan secara internal (di dalam tubuh), sehingga sperma dan sel ovum bertemu langsung dalam saluran telur dan terjadi fertilisasi. Hasil fertilisasi (pembuahan) selanjutnya akan membentuk zigot, kemudian zigot akan berkembang menjadi embrio (tahapannya morula --> blastula --> gastrulasi/pembentukan organ lengkap), dan barulah anakan dilahirkan.

Ikan Guppy dalam Kolam Sederhana
Ikan Guppy dalam Kolam Sederhana, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dalam sekali melahirkan, induk guppy betina dapat melepaskan anakan ikan guppy yang cukup banyak dan bervariasi, yakni biasanya dapat mencapai puluhan anakan. Dulu waktu saya menernak ikan guppy dalam sekali melahirkan induk betina dapat menghasilkan filial (anakan) di atas 20 ekor, dan perlu anda ketahui bahwa setelah anakan dilahirkan sebaiknya dipindahkan sementara pada kolam/ember yang kosong tanpa ikan-ikan guppy dewasa. Pemindahan ini bertujuan supaya pada saat induk jantan maupun betina sedang lapar, mereka tidak akan menyantap anakannya sendiri.

Rekayasa genetika di bidang peternakan saat ini telah mengembangkan sejenis hormon tertentu yang membantu para peternak ikan guppy supaya mendapatkan filial (anakan) guppy dengan jenis kelamin jantan (pria) semuanya. Caranya adalah dengan menambahkan jenis hormon androgen (17a-methyltestosteron). Pemberian hormon tersebut dilakukan pada waktu si induk guppy betina tengah hamil.

Menurut Taufik Budhi Pramono, cara atau tips agar anakan ikan guppy berjenis kelamin jantan semuanya, maka para peternak ikan dapat menambahkan hormon androgen (17a-methyltestosteron), dan pemberian hormon ini pada indukan guppy betina yang tengah hamil dengan cara direndam pada larutan hormon Waktu pemberian hormon paling tepat yakni 2 minggu setelah pemijahan. Dosis yang diberikan adalah 2 mg/Liter air, perendamannya dilakukan selama 24 jam.

Jika anda tertarik untuk mencoba menggunakan hormon androgen di atas untuk meningkatkan kualitas dari hasil anakan ikan guppy supaya jantan semuanya, maka tak ada salahnya anda mempraktekan langsung di kolam ikan hias milik anda, maka dengan begitu anda saya jamin akan memperoleh pengalaman yang lebih banyak. Selamat mencoba semoga berhasil. Oh iya, sekedar infomasi bahwa harga ikan jantan dengan warna yang lebih dominan menarik biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan ikan guppy si betina tersebut.

Sebagai tambahan wawasan pengetahuan untuk anda, jangan lupa anda simak dan baca juga artikel tentang panduan budidaya ikan guppy, klik dan baca: Cara Berternak dan Mengembangkan Ikan Guppy Hias di Kolam Untuk Hasil Menguntungkan.

Artikel Terpopuler

Tips Anakan IKAN GUPPY Berjenis Kelamin JANTAN Semua
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar