Penyemaian Benih CABE KERITING F1 Lado Hibrida

Benih cabe lado F1 keriting hibrida sebenarnya sapat anda peroleh secara mudah, yakni dengan berkunjung dan membeli di toko bibit tanaman. Harga benih cabe lado tentu saja bervariasi, sesuai dengan toko yang menjualnya. Setiap daerah memiliki perbedaan harga, mungkin karena ongkos jalan bagi penjual yang terkadang menjadi alasan setiap harga benih cabe lado di setiap daerah bervariasi.

Sebelum membeli bibit lado F1, alangkah baiknya anda juga mengetahui beberapa keuntungan dan juga kekurangan yang mungkin dapat menjadi bahan referensi dari bapak, ibu, dan remaja penggemar perkebunan untuk lebih teliti dan baik dalam menentukan pilihan. Baca: Keuntungan dan Kelemahan Bibit Cabe Merek Lado F1 Hibrida.

Setelah anda membeli bibit, maka bibit cabe lado F1 dapat segera mungkin anda lakukan penyemaian di lahan bedengan terbuka, atau dapat dilakukan dengan menggunakan cara atau langkag penyemaian bibit cabe lado menggunakan teknik steril pro. Untuk membaca panduannya, anda dapat membacanya pada link artikel berikut, baca: Cara Semai Cabe Steril Pro, Dihasilkan Tananam Serentak.

Bibit Cabe Lado F1 Teknik Steril Pro
Bibit Cabe Lado F1 Teknik Steril Pro, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dengan menggunakan teknik semai cabe steril pro, maka saya sangat berani menjamin pastinya akan ada perbedaan yang signifikan dibandingkan hanya dengan disemai di bedengan tanah. Berikut ini keuntungan-keuntungan menyemai bibit cabe dengan memakai teknik steril pro:

  • Benih yang sudah berkecambah tidak rentan terserang hama dan penyakit;
  • Dihasilkan tanaman muda yang tumbuh serentak, dan pada teknik steril pro biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk menemukan pola yang cocok dan hasil benih yang tumbuh seragam;
  • Tanaman muda memiliki sifat yang sama persis dengan induk (parentalnya);
  • Waktunya relatif cepat, biayanya lebih murah dan praktis
  • Tidak perlu membutuhkan lahan kawasan penyemaian yang begitu luas, karena cukup menggunakan kain saja;
  • Tingkat keberhasilan penyemaian bisa mencapai 90 - 100 % jika dilakukan secara tepat, benar, dan dalam perawatan yang bagus;
  • Benih yang berkecambah dapat langsung ditumbuh-kembangkan di pot polibag sebelum nantinya bakal dipindah ke lahan tanam bedengan bermulsa.
Maka jika anda berniat ingin berwirausaha (bisnis) budidaya tanaman cabe, maka saya pribadi sangat menyarankan anda untuk menggunakan metode steril pro dalam penyemaian benih/bibit cabe supaya hasilnya produktif dan cemerlang.

Itulah tadi pembagian singkat ilmu pengetahuan yang saya coba bagikan kepada rekan-rekan petani, pekebun, nelayan, dan penggemar pertanian. 

Budidaya Cabe Lado F1 di Lahan Atau Area Persawahan
Budidaya Cabe Lado F1 di Lahan Atau Area Persawahan, Photografer: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Mari budayakan untuk senantiasa membaca dan juga mencari terus ilmu seputar pertanian supaya kita bisa lebih terus berkembang. 

Selamat mempraktekan teknik steril pro di atas, semoga hasil semai benih cabe lado f1 atau jenis cabe lainnya yang sedang anda lakukan berhasil. Sukses selalu untuk anda petani/pekebun di seluruh Indonesia. Baca juga: Budidaya Cabe Lado F1 Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Artikel Terpopuler

Penyemaian Benih CABE KERITING F1 Lado Hibrida
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar