Kegunaan Batang, Buah dan Daun Ciplukan (Cecendet)

Beberapa tahun ke depan, rupanya tanaman ciplukan (nama bahasa sundanya: cecendet), merupakan salah satu jenis tanaman obat herbal alamiah yang sangat produktif dalam membantu penyembuhan secara herbal tanpa menimbulkan banyak efek samping.

Beberapa kegunaan dari batang, buah dan daun ciplukan ini sangat banyak sekali, dan hal yang paling umum dimanfaatkan oleh khalayak ramai (masyarakat), yaitu untuk keperluan seperti:

  • Penyembuhan dan terapi penderita hepatitis;
  • Pengobatan herbal bagi penderita asma, diabetes melitus/diabetes insipidus;
  • Pengobatan dan pencegahan penyakit stroke, hipertensi (darah tinggi), jantung koroner yang karena ditimbulkan oleh gaya hidup yang kurang sehat dan tidak banyak melakukan aktivitas bergerak yang terkadang juga berefek pada obesitas;
  • Pengobatan penyakit arterosclerosis karena adanya penyumbatan oleh lemak dan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah;
  • Pengobatan liver, asam urat, dan penyakit kardiovascular, serta penambah energi untuk vitalitas tubuh yang optimal;
  • Penyembuh berbagai masalah sendi, seperti: Sendi kaku, pegal linu, reumatik, dan lain sebagainya;
Melihat potensi yang begitu maha dahsyat dari tanaman ciplukan dalam menyembuhkan berbagai penyakit, tentu saja anda harus mengetahui juga tentang bagaimana cara untuk membuat ramuan herbal untuk pengobatan berbagai penyakit dengan menggunakan daun dan batang herba dari cecendet tersebut.

Buah Ciplukan Bagus Dikonsumsi
Buah Ciplukan Bagus Dikonsumsi, Photo Original by: Wahid Priyono Guruilmuan
Pohon Ciplukan Cecendet
Pohon Ciplukan Cecendet, Photo Original Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Cara pembuatan ramuan untuk menyembuhkan beberapa penyakit di atas cukup mudah sekali, yakni tinggal anda siapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

1. Alat dan Bahan

Adapun alat-alat yang digunakan untuk membuat ramuan ciplukan, diantaranya adalah panci, pisau tajam, alat penyaring, kompor, pengaduk.

Sementara itu, untuk bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daun ciplukan 3 sampai 4 genggam, air sebanyak 800 mL (sekitar 4 gelas), dan 3 butir garam dapur.

2. Cara Membuat (Langkah Kerja)

Berikut ini langkah kerja dalam membuat ramuan herbal alami dari daun ciplukan:
  • Cuci bersih 4 genggam daun beserta batang dari tanaman ciplukan yang telah dipotong-potong dengan pisau (sebaiknya dicuci sampai bersih pada air yang mengalir)
  • Setelah itu isilah panci dengan air bersih sebanyak 800 mL, dan selanjutkan panaskan air tersebut hingga mendidih di atas kompor;
  • Setelah airnya mendidih, masukan 4 genggam daun dan batang ciplukan tadi beserta 3 butir garam dapur dan biarkan kira-kira selama 5 - 10 menit hingga air dalam panci berubah menjadi berwarna kuning agak kecokelatan (mirip seperti air kencing/urine);
  • Setelah itu angkat air rebusan ciplukan, dan biarkan sampai dingin atau masih dalam keadaan hangat-hangat kukuh;
  • Setelah air rebusan menjadi dingin dan atau hangat-hangat kukuh, saringlah air rebusan tersebut sehingga hanya airnya saja yang ada di dalam gelas.
3. Petunjuk Penggunaan

Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 1 - 2 gelas per hari pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Boleh juga anda meminumnya pada siang hari setelah makan siang (sebagai jam tambahan mengonsumsi air ciplukan tersebut selain pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum beranjak tidur.

Lakukan peminuman ramuan ini selama kurang lebih 3 bulan, dan lihatlah hasilnya. Karena banyak orang yang telah membuktikan manfaat dari daun dan batang ciplukan tersebut sebagai ramuan herbal dalam pengobatan berbagai penyakit yang menyerang organ tubuh seperti yang telah dijelaskan pada bagian di atas.

Karena saat ini di mall (supermarket) harga untuk 1 kg ciplukan kering hingga mencapai harga Rp.500.000,00,-, maka anda dapat menghematnya dengan cara membudidayanya di halaman rumah, kebun, atau di sawah milik anda sendiri. Sebagai langkah panduan dalam budidaya ciplukan, anda dapat menambah wawasan pengetahuan dengan membaca artikel berikut ini: Cara Budidaya Ciplukan P. Angulata Untuk Menyembuhkan Diabetes, Hipertensi, dan Asam Urat. 

Semoga informasi di atas sangat bermanfaat untuk anda. Mari budidayakan tanaman herbal (tanaman obat) yang ada di sekitar kita untuk menyembuhkan berbagai permasalah penyakit yang menyerang tubuh manusia. Salam budidaya pertanian.

Artikel Terpopuler

Kegunaan Batang, Buah dan Daun Ciplukan (Cecendet)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar