Interval Pengocoran Pupuk Phonska untuk Tanaman Cabe

Pengecoran pupuk phonska untuk tanaman cabe memang sangat penting dilakukan. Saat ini pupuk phonska dapat dikocor sendiri dengan menggunakan air sebagai pelarutnya.

Berbicara tentang cara pembuatan larutan pupuk phonska cair sangatlah mudah dilakukan dan dapat dilakukan di rumah anda sendiri. Dengan cara yang praktis dan mudah, tentu saja hal ini justru membuat anda tidak merasa tertekan.

Untuk membuat larutan pupuk phonska cair, anda dapat membacanya secara tuntas pada artikel yang sebelumnya pernah saya publish (diterbitkan) pada blog guruilmuan ini, silakan anda baca pada link berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

Cabai Rawit Jengki Tumbuh Subur Diberi Larutan Pupuk Phonska Cair
Cabai Rawit Jengki Tumbuh Subur Diberi Larutan Pupuk Phonska Cair, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dengan mengikuti pedoman dan langkah-langkah di atas, maka anda sudah mendapatkan step-step yang sangat gampang, dan tentunya pemberian larutan phonska cair tersebut akan memberi keuntungan tersendiri pada tanaman cabe yang sedang anda budidayakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tanaman cabe akan tumbuh serta berkembang jauh lebih cepat;
  • Pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe akan berjalan optimal, termasuk larutan phonska cair ini juga dapat berperan dalam merangsang tumbuh kembang pada tunas pucuk batang dan akar tanaman muda, sebagai perangsang pembungaan dan pembuahan pada cabe;
  • Tanaman cabe tumbuh subur;
  • Nutrisi di dalam tanah akan terus dipertahankan sehingga akan menunjang dalam kelangsungan hidup tanaman cabe hingga menghasilkan bunga beserta aksesoris buahnya;
  • Berdasarkan pengalaman, maka tanaman cabe akan jauh lebih kebal terhadap hama maupun tanaman, sebab tanamannya akan sehat;
  • Penampakan organ daun, batang akan jauh lebih segar dan nampak sehat;
  • Mempercepat pembentukan bunga dan buah;
  • Merangsang fitohormon (hormon pada tumbuhan) untuk lebih aktif bekerja;
  • Membantu tanaman cabe dalam memenuhi nutrisi hidupnya.
Pupuk phonska dapat anda beli di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga dengan melihat beberapa kelebihan di atas, maka anda dapat memanfaatkan pupuk ini sebagai langkah tepat dalam perawatan tanaman cabe supaya lebih cepat tumbuh dan serta berbuah lebat.

Untuk masalah interval pengocoran/pengecoran pupuk phonska cair tersebut dapat dilakukan tiap 2 minggu sekali selama 3 bulan menjelang panen cabe.

Semoga sedikit ilmu yang saya berikan pada bagian di atas dan di dalam blog ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan petani/pekebun cabe dimana saja anda berada.

Baca juga artikel terkait berikut ini sebagai penambah wawasan anda dalam budidaya tanaman cabe supaya lebih optimal. Baca: Pedoman Menanam Cabe Agar Cepat Panen dan Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Interval Pengocoran Pupuk Phonska untuk Tanaman Cabe
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar