Contoh Metode Petik Buah-Buahan Yang Baik Sesuai Anjuran

Memetik buah-buahan memang harus mempunyai kedisiplinan dan ketelitian, sebab jika salah saja dapat berujung pada rusaknya organ tumbuhan lainnya, terutama pada bagian organ bunganya yang merupakan alat perkembangbiakan untuk menghasilkan bakal buah dan bakal biji.

Setiap buah-buahan mempunyai metode petik yang berbeda-beda, dan umumnya pemetikan buah dapat dilakukan dengan tangan manual atau dengan menggunakan perkakas (terutama pisau tajam, atau gunting). Dengan menggunakan alat-alat tersebut tentu saja dapat membantu mengefisienkan waktu petik buah maupun sayur mayur.

1. Pemetikan Buah-Buahan dengan Metode Tangan Manual

Pemetikan buah-buahan secara manual dapat dilakukan dengan menggunakan tangan, dan hal ini sangat umum dilakukan hanya untuk jenis buah tertentu. Beberapa jenis buah yang dapat dilakukan pemetikan secara manual diantaranya, seperti: tomat, cabe, sawo, mentimun, jeruk, dan lain sebagainya.

Pemetikan buah-buahan di atas dapat dilakukan dengan cara dipluntir searah jarum jam, sehingga hal tersebut dapat meminimalisir kerusakan pada organ lainnya seperti bunga dan tunas-tunas yang menghimpit antara ruas batang dan buah.

Buah Semangka Biasanya Dipetik dengan Pisau
Buah Semangka Biasanya Dipetik dengan Pisau, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Jangan sekali-kali melakukan pemetikan buah-buahan secara manual dengan cara ditarik paksa, atau dicabut ke arah atas karena hal tersebut tidak lazim dan juga tidak pernah dilakukan oleh para petani/pekebun hotikultura yang profesional dan berpengalaman di bidang pertanian.

Lakukan pemetikan secara umum saja, dan jika memang pemetikan buah-buahan kurang cocok dengan metode manual, maka anda juga dapat beralih dan menggunakan metode petik buah-buahan dengan menggunakan alat-alat perkakas buah supaya hasilnya mungkin lebih optimal.

2. Pemetikan Buah dengan Menggunakan Perkakas

Pemetikan buah dengan menggunakan alat perkakas tertentu, semisal gunting atau golok, pisau tajam mungkin sangat tepat untuk jenis buah-buahan tertentu, seperti buah semangka, buah walo, buah pare belut, buah oyong/gambas, buah apel, buah kelengkeng, buah pisau, strobery yang juga biasanya dipetik secara manual dengan tangan atau terkadang strobery juga bisa dipetik menggunakan gunting khusus petik buah.

Pemetikan buah yang disesuaikan dengan cara/metode yang sesuai ternyata sangat bagus untuk menentukan pertumbuhan dan perkembangan organ tanaman lainnya, dan tentunya anda harus terus belajar dari pekebun/petani lainnya guna mampu dan memiliki skill (keterampilan) dalam pemetikan buah-buahan di kebun buah milik anda. Selamat mencoba.

Itulah tadi metode/teknik yang dapat dilakukan dalam melakukan pemetikan pada buah-buahan, semoga iformasi di atas dapat bermanfaat untuk anda sebagai rekan petani/pekebun di Indonesia.

Salam budidaya pertanian, ayo menanam. Jangan lupa silakan anda baca juga artikel pencerahan berikut ini, klik: Cara Memetik Buah Cabe Sesuai Anjuran Yang Benar.

Artikel Terpopuler

Contoh Metode Petik Buah-Buahan Yang Baik Sesuai Anjuran
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar