Teknik Pemetikan, Pengupasan, dan Pengolahan KAKAO

Teknik pemetikan buah kakao [kopi cokelat] yang telah matang (siap panen) harus segera dilakukan secepat mungkin, jangan sampai buahnya busuk dan dimakan kalong (hewan pemakan biji-bijian).

Pemetikan buah kakao harus dilakukan secara benar, karena jika salah maka akan berpengaruh terhadap produktivitas hasil panen berikutnya.

Pemetikan buah kakao dilakukan dengan cara memotong tangkai buah dengan bantuan alat pemangkas seperti gunting pangkas, golok, arit (sabit).

Pemotongan tangkai buahnya dilakukan sedekat mungkin dengan buahnya dengan menyisakan tangkai dengan panjang sekitar 1 hingga 1,5 cm. Tangkai buah merupakan investasi karena bunga-bunga kakao akan tumbuh pada tangkai-tangkai ini.

Teknik pemanenan dilakukan dengan diplintir, ditendang atau menarik buah secara paksa menggunakan tangan seperti ini tidak dianjurkan sebab dapat merusak tangkai buah dan juga organ tanaman lainnya.

Sementara itu, khusus untuk buah-buah kakao yang terletak pada daerah yang sulit dijangkau, maka pemetikan buah dilakukan dengan memotong pakai gunting pangkas bergalah. 

Setelah buah kakao dipetik, langkah selanjutnya adalah memasukan buah ke dalam karung atau keranjang khusus buah kakao. Setelah itu, buah dikumpulkan pada tempat penampungan khusus hasil panen untuk dipecah dan diambil bijinya.

Pengupasan buah kako dilakukan dengan cara membelah secara melintang/membujur pada buah kakao yang telah masak menggunakan tongkat kayu yang tumpul. Kemudian mengambil biji-biji buahnya. 

Pohon Kakao Berbuah Lebat Siap Panen
Pohon Kakao Berbuah Lebat Siap Panen, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Pemecahan buah menggunakan sabit atau pisau tajam sebaiknya dihindari, karena dikhawatirkan akan melukai biji-bijinya, sehingga kualitas jual di pasaran menjadi rendah.

Biji-biji kako yang sudah diambil dari kulit buahnya, kemudian ditampung di dalam wadah baskom/ember besar, kemudian tiriskan lalu dikeringkan pada terik matahari.

Itulah tadi informasi tentang bagaimana cara/teknik dalam pemetikan, pengupasan, dan pengolahan buah kakao setelah dipanen. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga artikel terkait: Cara Menanam KAKAO di Kebun Agar Cepat Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Teknik Pemetikan, Pengupasan, dan Pengolahan KAKAO
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

April 14, 2016 at 9:38 PM Delete

artikel yang sangat bermanfaat

Reply
avatar
April 15, 2016 at 8:22 AM Delete

Hallo sahabat Ienn, Terimakasih atas kunjungan anda di blog guruilmuan pada topik pemetikan, pengupasan, dan pengolahan biji kakao setelah dipanen. Semoga bermanfaat.

Reply
avatar