Cara Membuat Galangan/Bedengan untuk Tanaman CABE

Membuat galangan/bedengan untuk tanaman cabe sangat mudah sekali dilakukan. Sebab adanya galangan inilah memungkinkan di atasnya ditanami berbagai macam jenis sayuran budidaya, tanaman palawija, tanaman apotek hidup, maupun tanaman buah.

Fungsi bedengan/galangan sangat penting dalam membudidaya berbagai macam jenis tanaman buah maupun sayur mayur, karena dapat membuat struktur tanah menjadi lebih gembur dan memungkinkan keadaan akar tanaman menjadi lebih nyaman sehingga akar-akarnya tumbuh sempurna dan menghasilkan tanaman yang sehat, berkualitas tinggi.

Cabe Hibrida Lado F1 di Lahan Perkebunan Hortikultura
Cabe Hibrida Lado F1 di Lahan Perkebunan Hortikultura, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dan cara untuk membuat bedengan untuk tanaman cabe sebenarnya sangat mudah sekali, sebab tidak perlu memerlukan teknik khusus, dan langsung saja melakukan praktek. Berikut ini panduan singkat tentang bagaimana cara membuat galangan/bedengan tanaman cabe yang baik dan benar.

  • Sebelum membuat bedengan, terlebih dahulu bersihkan lahan dari kemungkinan adanya batu-batuan kerikil besar, akar tanaman yang mengganggu, atau batu cadas yang terkadang juga tertimbun pada lahan sebelum dibuatkan bedengan;
  • Setelah dibersihkan lahannya, selanjutnya adalah membajak tanah dengan cara dibolak-balik tanahnya hingga cukup halus, pastikan juga bahwa tinggi tanah yang dibajak setinggi 25 - 30 cm;
  • Pembajakan tanah selesai, maka selanjutnya mendesain tanah membentuk bedengan-bedengan dan juga galangan yang menghubungkan satu bedengan/galangan satu dengan lainnya;
  • Ukuran bedengan yang ideal untuk tanaman cabe adalah panjang=sesuaikan lahan tanam, lebar= 1 meter, dan tinggi bedengan adalah 25 - 30 cm. Sebaiknya bedengan/galangan dibuatkan membujur dari arah utara ke selatan supaya proses fotosintesis tanaman cabe berjalan optimal pada waktu pagi hari;
  • Untuk membudidaya tanaman cabe supaya lebih produktif, jangan lupa lekatkan juga mulsa plastik di atas bedengan/galangan sebelum ditanami benih cabe.
  • Buatkan juga saluran irigasi di antara bedengan satu dengan bedengan lainnya, hal ini sangat positif supaya air dapat tertampung pada wadah yang optimal.
Jika anda mengikuti langkah demi langkah seperti yang dijelaskan di atas, semoga rencana untuk budidaya cabe dapat berjalan dengan baik.

Semoga informasi di atas tentang bagaimana cara membuat galangan/bedengan cabe dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Salam budidaya pertanian, ayo menanam cabe.

Artikel Terpopuler

Cara Membuat Galangan/Bedengan untuk Tanaman CABE
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar