8 Keunggulan KELENGKENG ITOH Yang Disukai Petani dan Pekebun

Tanaman kelengkeng saat ini banyak diburu oleh para petani, pekebun, atau penggemar tanaman budidaya. Banyak para pemburu tanaman kelengkeng membelinya langsung dari hasil cangkok, hasil sambung batang, okulasi, dan bahkan pembibitan yang diperoleh dari jalur pembenihan biji.

Beberapa jenis dari tanaman kelengkeng banyak dibudidaya baik secara langsung di lahan terbuka, atau ditanam pada media tanah di dalam pot yang dibuat seolah-olah menyerupai tanaman bonsai.

Adapun jenis dari tanaman kelengkeng yang menjadi primadona dan sering dibudidaya oleh pekebun kelengkeng adalah varietas kelengkeng itoh. Karena kelengkeng itoh ini memiliki banyak keunggulan tersendiri dibandingkan jenis kelengkeng lainnya.

Bunga Kelengkeng Itoh Sangat Lebat
Bunga Kelengkeng Itoh Sangat Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Adapun keunggulan dari kelengkeng itoh dibandingkan dengan jenis kelengkeng lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kelengkeng itoh dapat dilakukan perbanyakan tanaman dengan cara cangkok, okulasi, dan teknik sambung;
  • Kelengkeng itoh dapat berbuah tanpa mengenal bulan, jadi artinya pada bulan apa saja dapat memproduksi buah pada tiap tahunnya;
  • Daya tahan tubuh terhadap hama dan penyakit pada tanaman sangat bagus, sehingga tak heran jika daya pertumbuhan tanaman kelengkeng jenis ini sangat optimal;
  • Memiliki tingkat kemanisan buah sekitar 25 brig (kadar kemanisannya);
  • Tekstur daging buah tebal, tidak berair, kulit luar tebal, dan bijinya kecil;
  • Dapat sudah mulai berbuah sejak penanaman hingga waktu di atas 2,5 tahun;
  • Tingkat produksi buahnya cukup menggiurkan yakni mencapai 80 kg per umur tanam di atas 4 tahun. Karena pada umur inilah tanaman kelengkeng sudah sering memproduksi buah;
  • Harga buah kelengkeng itoh bervariasi di pasaran di tiap-tiap daerah di Indonesia. Dapat mencapai harga buah kelengkeng itoh yakni Rp. 25.000,00/kg-nya.

Melihat beberapa keuntungan (keunggulan) dari kelengkeng itoh di atas, maka tidak ada salahnya anda pergi ke toko bibit tanaman kelengkeng untuk membeli kemudian anda tanam di halaman rumah, kebun, dan tempat-tempat strategis di sekitar lingkungan aktivitas anda bekerja.

Dan perlu diingat bahwa sebaiknya anda membeli bibit kelengkeng hasil dari cangkok batang saja, karena selain cepat dan dapat dipastikan menghasilkan buanya lebih cepat, hal tersebut juga lebih bagus daripada anda membeli bibit dari biji yang tak dapat diprediksikan kapan akan berbuahnya.

Semoga sedikit informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Ayo menanam kelengkeng. Baca juga artikel penambah wawasan anda berikut ini: 4 Jenis Kelengkeng Bangkok Unggul Untuk Bibit


Artikel Terpopuler

8 Keunggulan KELENGKENG ITOH Yang Disukai Petani dan Pekebun
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar