3 Cara Biar Tanaman CABE RAWIT - MERAH Cepat Tinggi

Cabe rawit dapat tumbuh di berbagai daerah baik yang berdataran rendah maupun di daerah berdataran tinggi, yakni di daerah pegunungan pembudidaya cabe jenis ini tergolong sangat banyak, apalagi para petani Indonesia paling hobi membudidaya cabe karena alasan harganya yang relatif bagus di pasaran, dan jarang sekali harga cabe tersebut mengalami ketidakstabilan harga.

Kualitas cabe rawit yang dijual di pasaran berbeda-beda, sehingga kualitas cabe rawit paling baguslah yang dibandrol dengan harga cukup tinggi selangit.

Untuk mendapatkan kualitas cabe rawit yang mampu bersaing dengan harga di pasaran, maka petani penting sekali menerapkan pola penanaman cabe di lingkungan budidaya secara baik, benar dan terencana dengan matang.

Berikut ini ada beberapa langkah praktis yang dapat dilakukan biar tanaman cabe rawit cepat tinggi serta menghasilkan buah yang banyak.

1. Lakukan Pewiwilan

Pewiwilan merupakan pemotongan/pengambilan tunas-tunas liar di bagian pucuk batang, atau di sekitaran batang utamanya. Ambilah kira-kira 2-3 tunas liar pada batang tanaman cabe, yakni pada waktu satu bulan lebih usia tanaman sejak ditanam di lahan terbuka. Tujuan pewiwilan ini yaitu supaya tanaman cabe memiliki tinggi tanaman yang optimal, serta cepat memproduksi bunga dan buah cabe dalam jumlah yang banyak dan juga menguntungkan.

Cabe Merah Besar di Pegunungan
Cabe Merah Besar di Pegunungan, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

2. Berikan Pupuk Kandang Saja

Pupuk kandang sangat terbukti ampuh dalam membantu pemenuhan nutrisi pada tanaman cabe rawit. Pupuk kandang yang sangat direkomendasikan berdasarkan pengalaman penulis yaitu pupuk dari kotoran tahi ayam yang kaya akan unsur Nitrogen, Kalsium, Posfor, dan Kalium, yang keempat unsur hara makro ini sangat berguna bagi tumbuh kembang tanaman, termasuk membantu dalam membuat tinggi tanaman menjadi lebih optimal.

Berikanlah pupuk kandang dengan cara ditaburkan pada media tanam sesuai dosis per umur tanaman, yaitu bisa diberikan 3 genggam pupuk kandang dan diletakkan di bawah pusat tanaman tumbuh.

3. Berikan Pupuk Cair dari Larutan Phonska

Sejauh ini penggunaan pupuk phonska cair bagi petani cabe sungguh sangat membantu mereka dalam mendongkrak produktivitas hasil pertanian cabe.

Kebanyakan dari petani yang menggunakan phonska memiliki kualitas panen yang jauh lebih baik, dibandingkan yang tidak menggunakan.

Untuk membuat larutan pupuk phonska cair, silakan anda ikuti panduan berikut ini: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Itulah tadi 3 cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk memperoleh tanaman cabe rawit yang cepat tinggi dan lebih menguntungkan, karena telah memproduksi hasil panen yang jauh lebih bagus, berkualitas.

Silakan anda praktekan pada lahan tanam cabe anda, semoga berhasil. Jangan lupa anda baca juga informasi serupa pada link berikut ini: Cara Budidaya Cabe Rawit dengan Hasil Panen Selangit.

Artikel Terpopuler

3 Cara Biar Tanaman CABE RAWIT - MERAH Cepat Tinggi
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar