2 Jenis Hama Pemotong Batang CABE

Kombinasi hama dan penyakit pada tanaman cabe memang sering kali dijumpai sebagai parasit bagi tanaman. Oleh karena itulah proses perawatan tanaman cabe rawit memang harus dilakukan secara benar, teratur dan disiplin.

Sebagai petani/pekebun dan pecinta tanaman, melakukan perawatan tanaman memang sangat penting guna menunjang tumbuh kembang tanaman menjadi lebih produktif dan berdaya guna tinggi.

Jika perawatan tanaman dilakukan secara tidak benar, maka peluang hama dan penyakit pada tanaman cabe rawit akan semakin bertumbuh pesat, dan pada akhirnya akan menjadi organisme penggangu tanaman yang serius.

Ada beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabe, seperti ulat daun, ulat grayak yang kerap kali memangsa pada bagian daunnya, dan beberapa juga ada jenis penyakit seperti disebabkan jamur, layu fusarium, dan sebagainya.

Namun terkadang petani/pekebun kurang memperhatikan gejala yang muncul akibat serangan hama, seperti hama pemotong batang cabe rawit yang kerap kali menyerang tanaman cabe terutama yang masih dalam masa pertumbuhan (baru disemai), atau pada tanaman cabe yang sudah dewasa kadangkala juga mengalami hal serupa.



Taukah anda sebenarnya hama apakah yang menyerang batang tanaman cabe dengan cara memotongnya?. Jawabannya akan anda temukan setelah membaca ulasan menarik berikut ini:

1. Hama Gangsir

Hama gansir merupakan hama terkenal yang sering memotong batang cabe yang masih pada tahap pertumbuhan dan perkembangan (atau istilahnya saat masa pertumbuhan).

Pohon Cabe Jengki Berbuah Lebat, Batangnya Sehat
Pohon Cabe Jengki Berbuah Lebat, Batangnya Sehat. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Biasanya hama ini akan memotong sedikit-demi-sedikit pada bagian pangkal batang, kemudian menuju apeks batang (ujung batang).

2. Hama Ulat Tanah

Hama jenis ulat tanah ini juga menyerang pada batang tanaman cabe muda dan cabe yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ulat tanah juga sering disebut sebagai hama pemotong batang cabe yang sangat terkenal keganasannya. Hama jenis ini hidupnya parasit dan bergerombol.

Ciri dari tanaman cabe yang terserang hama parasit ini adalah pangkal batangnya tiba-tiba patah, rebah, dan terkadang pertumbuhan batangnya kurang optimal.

Untuk mencegah penyebaran hama parasit di atas, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan lahan tanam cabe rawit, yaitu dengan cara mencabut, membersihkan, dan membakar gulma-gulma (rumput liar) yang mengganggu pertumbuhan tanaman;
  • Melakukan sistem irigasi dan pengairan lahan setepat mungkin, pastikan bahwa kandungan air di dalam tanah tetap terjaga bagus supaya nutrisi mudah ditransportasikan ke bagian organ tanaman, sehingga tanaman menjadi lebih sehat, tahan terhadap hama dan penyakit;
  • Melakukan penyemprotan hama baik dengan bahan hayati, maupun dengan menggunakan insekstisida pembunuh serangga dan hama-hama parasit. Untuk membunuh ke dua jenis hama gangsir dan ulat tanah anda dapat menggunakan obat pembasmi hama pertanian berbahan aktif curacron 500EC;
  • Melakukan pengontrolan tanaman sejak penyemaian bibit hingga pada masa menjelang pembentukan bunga pada cabe;
  • Melakukan pemupukan sebagai langkah awal untuk memberi nutrisi dan menjaga kesehatan organ tanaman;
  • Menjaga kesehatan lahan tanam dan mengontrol laju pertumbuhan tanaman dengan memastikan ketersediaan ruang antara jumlah cahaya matahari yang terjangkau bagi tanaman;
  • Gunakanlah sistem pertanian dengan menggunakan mulsa plastik, karena banyak keuntungannya, antara lain mulsa dapat menjadi sarana untuk memantulkan cahaya matahari ke arah tanaman sehingga dapat mengusir hama dan penyakit;
  • Pemisahan atau penggantian bibit bagi tanaman cabe rawit yang terinfeksi hama ulat tanah dan gangsir tersebut dengan tanaman muda yang baru, atau setidaknya seumuran dengan tanaman lainnya.
Itulah tadi penjelasan singkat mengenai jenis hama pemotong pada batang tanaman cabe rawit dan cabe jenis lainnya. 

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda sebagai rekan-rekan petani/pekebun di Indonesia, salam budidaya pertanian. Ayo berkebun, ayo menanam.

Untuk menambah wawasan pengetahuan anda, jangan lupa baca juga ulasan artikel berikut, klik: 4 Jenis Hama Penyerang Tanaman Cabai Muda Yang Baru Disemai.

Artikel Terpopuler

2 Jenis Hama Pemotong Batang CABE
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar