Pohon Jambu Tidak Berbuah? Pakailah Cara Ini ! Dijamin Ampuh

Dalam kegiatan perkebunan buah-buahan seringkali para petani mengalami nasib tanaman yang kurang menyenangkan, seperti misalnya, tanaman buah yang ditanam tidak menghasilkan buah, sehingga mereka terkadang mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Jika solusi di atas juga tidak ditemukan, terkadang penggantian pohon buah tersebut bisa jadi dilakukan. Saya sendiri juga pernah mempunyai teman kerja di Lampung yang juga seorang pekebun buah. Dia bercerita bahwa pohon kakao yang dia tanam ternyata pertumbuhannya tidak baik, ditambah lagi selalu gagal panen. Akhirnya ya itu tadi, dia menggantikan tanaman kakao dengan pohon kelengkeng dan juga jambu biji.

Pada dasarnya ada beberapa faktor krusial yang menyebabkan kenapa pohon jambu biji tidak menghasilkan buah sama sekali, atau mengalami keterlambatan buah, berikut faktornya:

  • Perawatan tanaman yang tidak serius;
  • Penyiraman dan pemupukan tanaman yang tidak memadai dan intensif (teratur);
  • Pemilihan bibit tanam yang keliru/salah pilih;
  • Salah dalam menentukan bibit tanam yang cocok dengan kondisi geografis di lingkungan tempat penanaman;
  • Tingkat keasamaan tanah (pH) dan jenis tanah kurang cocok untuk tanaman tumbuh dan berkembang;
  • Adanya hama dan penyakit yang menyerang tanaman.
Namun, untuk permasalahan di atas menurut saya pribadi yang paling sering dilakukan kesalahan oleh para pekebun/petani yakni dalam hal pemilihan bibit tanam.

Saya sendiri lebih menyukai tanaman/pohon jambu biji maupaun jambu air, jambu jamaika, dan varietas lainnya dengan cara dicangkok batang, karena akan jauh lebih cepat dalam menghasilkan tanaman yang produktif dengan syarat proses penanaman dan perawatan tanaman dilakukan secara baik dan benar.

Pohon Jambu Biji Berbuah Karena Dicangkok Berderet
Pohon Jambu Biji Berbuah Karena Dicangkok Berderet, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Perbanyakan tanaman jambu sebaiknya lebih diutamakan secara cangkok, dan saya akan memberikan bagaimana kiat dalam mencangkok jambu biji supaya menghasilkan buah yang banyak, dan cepat tanpa ribet, yakni dengan teknik berderet dalam satu batang/ranting tanaman. Perhatikan gambar di bawah ini !


Teknik Cangkok Jambu Biji dengan Teknik Berderet Dalam 1 Batang
Teknik Cangkok Jambu Biji dengan Teknik Berderet Dalam 1 Batang, Photo Original by: Wahid Priyono (Admin Guruilmuan.blogspot.co.id)

Admin Guruilmuan.blogspot.co.id sendiri pernah mempostingnya pada tulisan di dalam blog ini tentang bagaimana kiat dalam mencangkok jambu biji dengan sistem berderet dalam satu batang. Dengan teknik ini banyak para petani sukses dalam membudidaya tanaman jambu dengan hasil panen melimpah. Untuk mempelajarinya, silakan anda baca panduan lengkapnya pada link berikut: Cara Mencangkok Jambu Biji dengan Sistem Berderet dalam Satu Batang.

Anda tentunya dapat mencoba teknik mencangkok dalam satu deret batang tanaman jambu biji, supaya hasilnya lebih cepat, praktis, dan lebih menguntungkan. Selamat mempraktekan, semoga berhasil. Salam budidaya perkebunan, ayo berkebun, dan ayo menanam.


Artikel Terpopuler

Pohon Jambu Tidak Berbuah? Pakailah Cara Ini ! Dijamin Ampuh
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar