Langkah Menjaga Kesehatan Lingkungan Tanam Cabe dan Tomat

Menjaga kesehatan lingkungan tanam cabe dan tomat sangat penting, dan hal ini mutlak harus diterapkan dalam disiplin tani.

Kesehatan lingkungan tanam cabe dan tomat juga akan menjadi cermin dari si petani itu sendiri, juga tentunya yang paling penting akan berpengaruh kepada kesehatan tanaman, baik itu kesehatan tanaman secara fisiologis maupun secara biologis.

Kesehatan tanaman secara fisiologis tanaman mencakup beberapa hal seperti tanaman dengan organ yang segar baik pada daunnya, batangnya, munculnya banyak bunga dan berbuah lebat. Sementara kesehatan tanaman secara biologis dapat diartikan sebagai kesehatan tanaman dan kandungan biokimia di dalam sel maupun jaringan yang sangat baik dan hal ini akan terlihat dari kenampakan fisik tanaman jika dilihat dengan menggunakan alat indera mata.

Adapun manfaat dari menjaga kesehatan lingkungan tanam cabe dan tomat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhan dan perkembangan tanaman akan berjalan lebih efektif;
  • Tumbuhan cepat menghasilkan bunga dan buah;
  • Pertumbuhan akar tanaman berjalan lebih optimal;
  • Tanaman cabe akan terbebas dari penyakit yang biasanya disebabkan karena pertumbuhan gulma (rumput liar yang tak terkendali);
  • Menjaga struktur tanah agar tetap bekerja baik;
  • Mencegah terjadinya perebutan nutrisi bagi tanaman parasit dengan tanaman utama yang dibudidaya;
  • Akan berpengaruh kepada sistem aerasi dalam tanah dan menjaga kelembaban tanah agar tetap stabil;
  • Menjaga tingkat keasamaan tanah (pH) supaya tetap dalam kondisi yang baik;
  • Dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana/langkah seperti apa yang dapat dilakukan para petani/pekebun untuk menjaga kesehatan lingkungan tanam cabe dan tomat, diantaranya:

1. Lakukan Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Cabe maupun Tomat

Untuk menjaga lingkungan tanam tetap indah, asri, dan bersih dari gulma-gulma (rumput liar) pengganggu, maka langkah yang harus ditempuh oleh petani/pekebun yakni dengan cara penyiangan tanaman atau istilahnya melakukan pengoretan gulma dengan menggunakan cangkul, alat pencong, atau sekop tajam untuk mencabut gulma hingga pada bagian akarnya.

Tomat Rampai Tumbuh Sehat Berkat Penjagaan Kesehatan Lingkungan Tanam
Tomat Rampai Tumbuh Sehat Berkat Penjagaan Kesehatan Lingkungan Tanam. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)
Selama kegiatan penyiangan tanaman, dapat juga dibarengi dengan kegiatan pendangiran. Pendangiran sendiri merupakan kegiatan menggemburkan lahan tanam (bedengan) dengan menggunakan sekop kecil (tanah bedengan dicangkul kecil-kecil tapi jangan sampai melukai bagian akar tanaman, perlu ekstra hati-hati).

Dengan melakukan pendangiran dan penyiangan, maka tanaman akan semakin baik, karena tidak ada kompetisi (perebutan unsur hara/nutrisi) antara tanaman cabe/tomat dan gulma.

Pendangiran dan penyiangan dapat dilakukan secara tentatif (sewaktu-waktu) sesuai kebutuhan tanaman, serta usia tanaman yang bersangkutan.

2. Beri Jarak Tanam Cabe dan Tomat

Penentuan jarak tanam cabe juga sangat penting dilakukan dengan sebaik mungkin. Jarak tanam cabe dan posisi penentuan lahan bedengan harus menghadap ke posisi seperti apa juga penting ditentukan. Jadi untuk posisi pembuatan lahan bedengan bermula/tanpa mulsa yakni bedengan membujur dari arah utara ke selatan. Hal ini dimaksudkan supaya cahaya matahari pagi dari arah Timur dapat masuk ke semua lahan bedengan sehingga proses fotosintesis tanaman semakin efektif.

Sementara itu, untuk keadaan jarak tanam cabe maupun tomat yang direkomendasikan oleh banyak petani lokal adalah 60 cm x 70 cm. Baca informasi selengkapnya: Jarak Tanam Cabe Menurut BPTP Pertanian Lampung.

Selain itu, berikan juga tiang ajir pada tanaman cabe supaya lebih bagus untuk tanaman yang baru dipindahkan, supaya tanaman tidak mudah rebah, rapih. Penggunaan mulsa plastik juga sangat bagus untuk menjaga kelembaban tanah agar tetap terjaga baik.

3. Hindari Penanaman Cabe dan Tomat Secara Tumpang Sari

Terkadang para petani ada juga yang menanam tomat maupun cabe dengan cara ditumpangsarikan dengan tanaman palawija (tanaman lainnya), hal ini sebenarnya tidak bagus karena dapat mengundang hama dan penyakit dari antar tanaman palawija dengan tanaman cabe dan tomat.

Selain daripada itu, tumpang sari juga akan membuat kesan lingkungan menjadi kurang etis, dan terkadang dapat mengundang banyak gulma untuk tumbuh liar di lahan bedengan.

Sebagai solusinya, tetap fokuskan untuk masing-masing tanaman dibudidaya di lahannya masing-masing, karena hal ini akan jauhn lebih efektif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Penyiraman dan Perawatan Tanaman Lainnya

Penyiraman sangat mutlak diberikan pada tanaman. Selain memberikan nutrisi bagi tanaman, air juga digunakan sebagai pelarut bagi senyawa-senyawa organik di dalam tanah maupun pupuk yang ditambahkan. Penyiraman juga dapat membuat tanah menjadi gembur dan terjaga kelembabannya, sehingga lingkungan juga akan semakin asri.

Penyiraman dapat dilakukan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan tanaman. Penyiraman juga harus diimbangi dengan kegiatan pemupukan yang terjadwal. Baca juga: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

5. Cegah Tanaman Cabe dan Tomat dari Hama dan Penyakit

Menjaga kesehatan lingkungan tanam cabe dan tomat supaya tetap baik adalah dengan langkah membasmi dan mengontrol tanaman dari aktivitas hama dan penyakit yang membahayakan tanaman cabe.

Pencegahan dan pembasmian hama dan penyakit dapat dibantu penggunaan pestisida yang memiliki bahan aktif tertentu hingga membebaskan tanaman dari hal buruk yang ditimbulkan perkembangan penyakit tanaman.

Pengontrolan tanaman secara ketat juga dapat dilakukan guna mencegah kemungkinan tanaman terserang epidemi penyakit dan hama pada tanaman cabe dan tomat.


Itulah tadi penjelasan mengenai topik langkah dalam menjaga kesehatan lingkungan tanaman cabe dan tomat. Mungkin anda punya solusi/langkah apa yang dapat ditempuh untuk menjaga lingkungan tanam cabe dan tomat supaya lebih menguntungkan? Silakan berikan pendapat anda pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Artikel Terpopuler

Langkah Menjaga Kesehatan Lingkungan Tanam Cabe dan Tomat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar