Keuntungan dan Kelemahan Bibit Kelengkeng Hasil Cangkokan

Buah kelengkeng merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura buah yang saat ini masih menjadi favorite kaum petani/pekebun di Indonesia.

Pembudidayaan kelengkeng untuk menghasilkan buah yang banyak terkadang memang sulit dilakukan, terlebih anomali cuaca yang tidak menentu terkadang tak jarang membuat tanaman kelengkeng sulit berbuah.

Meskipun begitu, untuk mendapatkan tanaman kelengkeng supaya cepat menghasilkan buah dapat ditempuh dengan cara membeli atau melakukan perbanyakan tanaman secara vegetatif buatan yakni dengan mencangkok batang kelengkeng.

Penjual bibit tanaman buah biasanya akan menyediakan bibit tanaman kelengkeng dalam jumlah yang cukup banyak. Sebaiknya untuk petani/pekebun pemula, alangkah baiknya anda mencoba untuk membeli bibit kelengkeng hasil cangkokan.

Pohon Kelengkeng Hasil Cangkok Mulai Berbuah
Pohon Kelengkeng Hasil Cangkok Mulai Berbuah, Foto Original by: Guruilmuan

Ada beberapa keuntungan dalam pembelian bibit kelengkeng secara cangkok, jika pembelian bibit dilakukan secara benar, diantaranya adalah:

  • Bibit tanaman kelengkeng cangkok akan jauh lebih cepat menghasilkan buah;
  • Efisiensi waktu penanaman akan semakin cepat;
  • Dapat langsung ditanam dengan media pupuk kandang tertentu;
  • Mengurangi ketidakefektifan hasil perolehan bibit kelengkeng secara generatif dari biji;
  • Jika pembibitan cangkok kelengkeng berasal dari tanaman induk yang produktif menghasilkan buah lebat, maka generasi cangkok berikutnya akan menghasilkan bibit kelengkeng yang unggul.
Namun demikian, ada juga beberapa kerugian/kelemahan dalam menggunakan bibit kelengkeng cangkokan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Jika perawatan pohon kelengkeng hasil cangkokan tidak benar, bisa dipastikan peluang tanaman kelengkeng akan cepat mati;
  • Pohon kelengkeng mudah rebah/roboh jika ditiup angin/terkena air hujan dalam intensitas tinggi, halilintar, dan lainnya;
  • Pohon kelengkeng sangat tidak menyukai tanah yang terlalu kering, karena tanaman kelengkeng telah diketahui sebagai tanaman buah yang paling manja, artinya perlu perawatan ekstra, seperti penyiraman sangat penting untuk menjaga agar tanah tetap lembab dan cukup air;
  • Terkadang penjual bibit kelengkeng menjatuhkan harga cukup mahal, oleh karena itu pemilihan bibit harus benar dan cari terlebih dahulu daftar harga bibit kelengkeng sebelum membelinya.

Itulah tadi beberapa uraian tentang keuntungan/keunggulan dan kelemahan dari bibit kelengkeng yang dicangkok.

Semoga apa yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk rekan-rekan petani dan pekebun dimana saja anda berada. Hidup petani Indonesia, ayo berkebun, ayo menanam.

Jangan lupa baca dan klik artikel menarik berikut untuk menambah wawasan pengatahuan anda: Cara Memilih Bibit Cangkokan Kelengkeng Saat Membeli Di Penjual Bibit.

Artikel Terpopuler

Keuntungan dan Kelemahan Bibit Kelengkeng Hasil Cangkokan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar