Karena Dikarbit, Rasa Buah Pisang Ini Kurang Nikmat !

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, bahwa buah pisang yang dikarbit (diberikan gas etilen) biasanya rasa buah pisangnya kurang nikmat, dan terkadang ada yang sedikit kenyal lalu buah yang lainnya lunak, atau keras karena matangnya tidak merata.

Hal seperti di atas dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti intensitas dan lamanya penyimpanan buah pisang, banyaknya karbit yang diberikan, jumlah panas (kalor), kelembaban lingkungan pengkarbitan, suhu dan temperatur ruangan.

Sudah tidak mengherankan memang jika mengonsumsi buah pisang hasil karbitan rasanya memang kurang enak. Terkadang ada yang manis, ada juga yang kurang manis, bahkan ada yang sama sekali tidak berasa (rasa daging buahnya hambar).

Pisang Hasil Karbitan, Tekstur dan Rasa Buahnya Kurang Manis
Pisang Hasil Karbitan, Tekstur dan Rasa Buahnya Kurang Manis, Fotografer: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Untuk mencegah supaya buah pisang yang hendak dikarbit agar memiliki rasa buah yang lebih nikmat dan manis, sebaiknya memilih usia buah pisang yang cukup tua sangat penting, mengingat terkadang masih ditemukan beberapa petani yang mengkarbit buah pisang yang berasal dari buah pisang kurang tua, sehingga hasil pengarbitannya kurang optimal.

Itulah tadi penjelasan mengapa rasa buah pisang kurang nikmat, karena dikarbit? semoga apa yang dijelaskan di atas bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga informasi berikut: Keutungan dan Kelemahan Penggunaan Gas Etilen/Karbit Pada Pemasakan Buah.

Artikel Terpopuler

Karena Dikarbit, Rasa Buah Pisang Ini Kurang Nikmat !
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar