Jenis Tanah Yang Cocok Ditanami Cabe Lado Hibrida F1

Cabe adalah produk pertanian yang sangat diminati oleh banyak petani di seluruh penjuru dunia. Harga cabe di pasaran terbilang cukup mahal dan jarang sekali harganya turun drastis, atau biasanya tetap berada pada kisaran harga jual yang stabil.

Pembudidayaan tanaman cabe banyak dilakukan oleh petani di berbagai jenis media tanam, mulai dilakukan secara aeroponik, hidroponik, secara vertikultur (vertical farming), pada lahan tanah yang dibuat bedengan-bedengan memanjang dari ujung utara menuju selatan, dan lain sebagainya.

Formulasi yang dilakukan para petani/pekebun cabe untuk menentukan jenis tanah apa yang paling cocok untuk dijadikan media tanam cabe lado hibrida F1 sangat penting diketahui, karena sekali saja salah dalam menentukan syarat tumbuh suatu tanaman budidaya, maka tentu saja akan berakibat pada produktivitas hasil panen yang dihasilkan.

Berbicara tentang jenis tanah yang cocok untuk cabe lado, kebanyakan para petani/pekebun sering membudidaya cabe jenis lado ini di lahan persawahan yang mempunyai jenis tanah liat berlempung/liat berpasir. Tanah-tanah tersebut kemudian dibuat dalam bentuk bedengan-bedengan memanjang yang dilengkapi dengan perangkat mulsa plastik dan aksesoris lainnya.

Cabe Merah Lado F1 Hibrida Berbuah
Cabe Merah Lado F1 Hibrida Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dengan begitu, penanaman cabe lado sebenarnya tidak hanya cocok ditanam pada lahan terbuka seperti di lahan persawahan, akan tetapi perkebunan hortikultura buah dan sayur mayur juga cocok digunakan sebagai metode untuk membudidaya cabe lado tersebut.

Selain daripada cara di atas, jenis tanah liat berpasir atau tanah liat berlempung juga dapat digunakan sebagai media tanam cabe lado yang dibudidaya di dalam wadah pot polybag/pot ember besar yang dijejer pada lokasi tertentu.

Jadi, jika anda berminat untuk membudidaya tanaman cabe lado F1 hibrida, atau cabe jenis lainnya, maka silakan pilih lokasi penanaman yang tepat dan sudah teruji, serta jenis tanah liat berpasir dan tanah liat berlempung sangat saya sarankan untuk anda gunakan.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam budidaya pertanian, ayo menanam. Ayo berkebun.

Jangan lupa klik dan baca juga artikel berikut ini: Cara Budidaya Cabai Merah Lado F1 Agar Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Artikel Terpopuler

Jenis Tanah Yang Cocok Ditanami Cabe Lado Hibrida F1
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar