Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabe Terserang Trips dan Tungau

Pertanian cabe tidak selalu saja tidak pernah luput dari serangan hama dan penyakit pada tanaman, seperti hama trips dan tungau yang telah menjadi hama tetap bagi tanaman cabe itu sendiri.

Bila anda membudidaya tanaman cabe dan terserang hama trips dan tungau, anda tidak perlu panik, namun langkah yang harus anda kerjakan yaitu dengan mencari solusi terbaik untuk mencegah dan menangai penyebaran vektor hama trips dan tungau tersebut.

Ada beberapa langkah yang dilakukan petani untuk mencegah perkembangbiakan hama trips dan juga tungau, beberapa diantara petani mereka ada yang menggunakan jenis pestisida khusus, ada juga yang lebih memilih menggunakan biopestisida alamiah, dengan pengendalian hama secara manual yaitu diambil menggunakan tangan, menggunakan perangkap hama, dan masih banyak lagi cara/teknik lainnya.

Pohon Cabe Merah Sehat Tanpa Trips dan Tungau
Pohon Cabe Merah Sehat Tanpa Trips dan Tungau, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Namun, jika tanaman cabe anda terserang hama trips dan tungau, anda dapat menggunakan beberapa jenis pestisida berikut ini (pilih salah satu saja cara di bawah ini yang menurut anda cocok):

  • Abamacin maupun Akarisida, yang masing-masing yang dikocor dengan menggunakan air sebanyak 6 Liter lalu disemprotkan pada tanaman;
  • Demolis untuk hama trips dan Rotras untuk membasmi tungau. Kedua jenis obat pertanian tersebut dapat dikocor menggunakan air bersih sebanyak 5 Liter, lalu semprotkan pada tanaman cabe yang terinfeksi;
  • Menggunakan bahan aktif Abamactin dengan Soffguart untuk pemulihan daun semenjak diserang tungau dan trips; Cara penggunaannya dengan masing-masing bahan aktif tersebut dicampur 7 Liter air, lalu semprotkan pada tanaman yang terserang hama trips dan atau tungau tersebut;
  • Dapat juga menggunakan Enfoy 18 ec, dengan dosis 3 sendok makan, 3 kali seminggu;
  • Atau dengan Enfoy 18 ec dan dicampur akarisida mitisun 500 ec.
Itulah tadi beberapa cara dalam pengendalian hama trips dan tungau pada tanaman cabe dengan menggunakan beberapa jenis pestisida yang telah banyak dijual di pasaran/toko pertanian.

Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi bagi remaja, bapak maupun ibu tani dimana saja anda berada. Salam budidaya pertanian. Jangan lupa baca juga: Cara Mengatasi Buah Cabe Busuk Sebelum Panen.

Artikel Terpopuler

Jenis Pestisida Untuk Tanaman Cabe Terserang Trips dan Tungau
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar