Cara Unik Memetik Cabe, Tomat, dan Terong Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar

Memetik buah cabe, tomat, maupun buah terong harus tetap memperhatikan keselamatan tanaman, terutama pada bagian generatif bunganya. Jika salah dalam melakukan pemetikan buah maka bisa memungkinkan terjadinya kerusakan pada organ lainnya, terutama pada organ bunga yang seharusnya menjadi cikal bakal untuk terbentuknya bakal buah nantinya.

Bunga pada cabe dan tomat sangat sensitif terhadap sentuhan tangan, karena gaya gesekan, curah hujan yang tinggi, anomali cuaca yang tidak menentu, angin kencang, bahkan karena tersenggol oleh serangga dan hewan aves (sejenis burung) maupun kumbang penghisap nektar yang disediakan pada bunga.

Selain faktor yang telah disebutkan di atas, sebenarnya rontoknya bunga pada tanaman cabe dan tomat maupun terong juga dapat disebabkan karena pemetikan buah yang keliru (tidak tepat guna), sehingga pengetahuan seorang petani dari hal-hal mendasar seperti ini penting sekali diterapkan dalam dunia pertanian yang digeluti.

Berikut ini cara pemetikan buah cabe, tomat, dan terong yang betul sesuai dengan anjuran dari para petani profesional cabe, terong, maupun tomat.

1. Pemetikan Buah Cabe

Cara memetik buah cabe cukup sederhana namun harus benar. Pemetikan buah cabe dilakukan dengan cara dipluntir searah jarum jam, dan jangan sekali-kali memetiknya dengan cara dicabut kuat, karena biasanya akan merusak bunga-bunga yang tumbuh berdekatan dengan buah yang telah matang (dewasa).

Pemetikan Buah Cabe Jengki Di Kebun
Pemetikan Buah Cabe Jengki Di Kebun. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Sebaiknya pemetikan buah cabe pada waktu siang menjelang sore hari, karena kadar air di dalam batang tanaman mulai menysut, sehingga pemetikan buah jauh lebih mudah dan istilahnya batang yang berlekatan dengan tangkai buah "tidak alot". Baca juga: Cara Cegah Kerontokan Bunga dan Buah Pada Cabe.

2. Pemetikan Buah Tomat

Sementara itu, untuk pemetikan buah tomat sama dengan cabe dapat dipluntir searah jarum jam. Pemetikan buah tomat relatif, sehingga dapat dilakukan kapan saja, karena pelekatan anatara tangkai buah dengan batang utama tidak terlalu keras, sangat mudah.

Pemetikan buah tomat juga harus memperhatikan bahwa bunga yang berdekatan langsung dengan buah yang telah masak harus ekstra hati-hati.

Kehati-hatian ini sangat penting agar bunga tomat yang baru tumbuh tidak mudah koyak atau rontok secara massal. Baca juga: Cara Mengatasi Buah dan Bunga Tomat dari Kerontokan Massal.

3. Pemetikan Terong

Pemetikan buah terong dapat menggunakan pisau tajam yang digunakan untuk memotong pada bagian tangkai buahnya. Pemetikan buah terong dengan pisau tajam sangat bagus untuk mencegah kerusakan pada bunga lainnya.

Walaupun begitu, pemetikan buah terong masih bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan dengan cara dipluntir secara perlahan searah jarum jam. Namun, terkadang dengan cara pemetikan buah terong dengan cara dipluntir dapat melukai batang tanaman.

Itulah tadi cara-cara yang dapat ditempuh dalam melakukan pemetikan buah cabe, tomat, maupun terong yang baik sesuai prosedur yang baik dan benar. Semoga informasi di atas memberi wawasan kepada kita bersama. Jangan lupa untuk terus menanam dan berkebun buah-buahan, sayur mayur sesuai passion yang anda miliki. Mari hijaukan lingkungan tempat tinggal kita. Salam budidaya pertanian.

Jangan lupa klik dan baca juga artikel menarik berikut ini: Identifikasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Terong serta Cara Penanggulangannya.

Artikel Terpopuler

Cara Unik Memetik Cabe, Tomat, dan Terong Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar