Cara Terbaru Agar Tanaman CABE Cepat Berbuah Banyak

Cabe masih menjadi sentra tanaman hortikulturan buah yang seiring ditanam oleh para petani di Indonesia. Harga cabe cukup lumayan, dan mampu bersaing dengan produk cabe lokal maupun cabe impor.

Pembudidayaan cabe semakin meningkat dari tahun ke tahun, sebab para petani sudah merasakan sendiri begitu banyak manfaat dari mananam cabe.

Dewasa ini, pemuliaan tanaman cabe dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai sistem peralatan teknologi super canggih, dan metodenya pun cukup baik, seperti kita pernah mengenal adanya sistem pertanain secara vertikultur (vertical farming) dengan objek penelitian/kajiannya adalah tanaman cabe.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka pembudidayaan tanamanc abe dapat dilakukan untuk beberapa media tanam, baik itu tanpa menggunakan tanah, atau dengan menggunakan tanah.

Terkadang para petani sangat dibingungkan terkait dengan sistem perawatan tanaman cabe seperti apa yang nantinya akan menghasilkan buah cabe yang berbuah banyak/lebat, pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi jauh lebih baik, dan lain sebagainya.

Untuk menjawab permasalahan di atas, guru ilmuan akan mencoba memahami dan memberikan solusi yang mana solusi ini berdasarkan pengalaman penulis selama membudidaya cabe dengan hasil panen memuaskan karena buah cabenya sangat lebat.

Berikut ini tips/cara terbaru agar tanaman cabe cepat banyak buahnya, silakan disimak:

1. Jangan Lupa Gunakan Larutan Pupuk Phonska Cair

Saya pribadi (penulis di web guru ilmuan) mungkin sering kali mengingatkan dan memberikan berbagai ulasan/tulisan di dalam website ini mengenai bagaimana cara yang tepat agar tanaman cabe cepat berbuah banyak, dan tentunya saya bagikan ilmu ini untuk anda semua berdasarkan apa yang pernah saya praktekkan, diskusi dengan rekan petani cabe profesional.

Perlu anda ketahui bahwa, dalam budidaya cabe rawit anda sangat dianjurkan untuk menggunakan larutan pupuk phonska cair, karena larutan ini telah terbukti ampuh dalam merangsang pertumbuhan tanaman cepat subur, cepat menghasilkan bunga dan buah dalam jumlah tak terhingga (banyak).

Untuk membuat enceran/larutan pupuk phonska cair, anda dapat membaca selengkanya pada tuorial berikut: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

Saya sendiri pernah mempraktekkan pemberian larutan phonska ini ke tanaman cabe, dan alhamdulillah hasil panennya sangat memuaskan. Sekarang giliran anda.

Kebun Cabe Rawit Jengki Berbuah Banyak/Lebat
Kebun Cabe Rawit Jengki Berbuah Banyak/Lebat. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

2. Lakukan Perempelan Sederhana Pada Tanaman Cabe

Meskipun masih banyak para petani yang belum mengetahui cara perempelan ini, namun setidaknya saya ingin berbagai pengalaman dan pengetahuan saya tentang pentingnya perempelan pada tanaman cabe. Hal ini bukan tanpa alasan, karena telah terbukti bahwa tanaman cabe yang dilakukan perempelan, akan jauh lebih bagus dibandingkan tanaman cabe yang tidak dilakukan perempelan.

Perempelan berfungsi untuk membuat tanaman cepat menghasilkan tunas daun, merangsang pembentukan bunga dan buah, sehingga tak heran jika tanaman cabe yang dilakukan perempelan akan menghasilkan buah dalam jumlah banyak.

Untuk mengetahui cara perempelan pada tanaman cabe, silakan dapat anda baca dan pelajari pada materi berikut ini: Perempelan, Cara Mempercepat Waktu Panen Cabe Supaya Berbuah Lebat.

3. Lakukan Penyiraman, Pendangiran, dan Penyiangan 

Penyiraman pada tanaman cabe mutlak dilakukan, terutama pada saat tanaman cabe mengalami krisis air, atau pada saat tanaman cabe mengalami kekeringan, kemarau, dan mengalami dehidrasi.

Penyiraman yang rutin, terutama pada saat masa pertumbuhan cabe sangat ideal dilakukan. Siramlah tanaman sesuai kebutuhan, dan juga disesuaikan dengan umur tanaman cabe yang bersangkutan.

Selain penyiraman, pendangiran dan penyiangan penting dilakukan. Pendangiran merupakan kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan/media tanam seperti tanah dengan cara mencangkul kecil-kecil. Sembari melakukan pendangiran, sebaiknya cabut/bersihkan juga gulma (rumput liar) pada saat penyiangan berlangsung.

Khusus untuk penanaman cabai di lahan terbuka seperti di sawah atau area perkebunan, pendangiran dan penyiangan mutlak dilakukan. Akan tetapi pada saat petani menanam cabe di wadah pot polybag dan dengan menggunakan mulsa plastik, sebaiknya pendangiran juga tidak dilakukan tidak apa-apa, dan namun mengontrol tanaman dari gulma liar, hama dan penyakit pada tanaman sangatlah penting dilakukan.

Ingatlah bahwa tanaman cabe akan semakin berbuah lebat jika perawatan dilakukan secara tepat, yakni sesuai umur tanaman, jenis tanaman, dosis obat pertanian yang diberikan, dan beragam pupuk organik dan anorganik yang diberikan.

Itulah tadi informasi tentang bagaimana cara terbaru agar tanaman cabe cepat berbuah banyak. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk remaja, anak-anak, bapak dan ibu tani/pekebun dimanapun anda berada. Ayo menanam, ayo berkebun.

Jangan lupa klik dan baca juga artikel menarik berikut ini: Cara Penyiraman Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar.

Artikel Terpopuler

Cara Terbaru Agar Tanaman CABE Cepat Berbuah Banyak
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

January 13, 2016 at 6:04 PM Delete

Hmmmm...... lumayan dapat pengetahuan baru nih.

Reply
avatar
January 18, 2016 at 9:15 PM Delete

Hallo mas Manalu. Salam kenal untuk anda.
Terimakasih sudah berkunjung di blog pribadi saya ini.
Semoga materi tentang cara terbaru agar tanaman cabe cepat berbuah semoga memberikan manfaat untuk anda dan rekan-rekan petani/pekebun lainnya.

Reply
avatar