Cara Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman Hortikultura

Pupuk NPK mutiara hingga saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian para petani untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman budidaya, termasuk tanaman hortikultura buah dan sayur-sayuran.

Pupuk NPK mutiara memang sangat bagus untuk merangsang tanaman agar lebih cepat menghasilkan buah, serta pada beberapa tanaman sayur mayur akan menjadikan daun dan organ tanaman lainnya menjadi lebih segar, daun dan batangnya menjadi lebih hijau cerah, serta batang, akar dan buahnya menjadi lebih kokoh, sehingga buah dan bunganya tidak gampang rontok.

Jenis pupuk NPK mutiara ini telah banyak dijual dan dikomersialkan untuk banyak petani di Indonesia. Walaupun begitu, penggunaan pupuk ini tidak sembarangan diberikan pada tanaman, melainkan harus sesuai dengan sesuai prosedur yang benar, artinya pemberian pupuk harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan per umur tanaman.

Pada dasarnya ada dua cara dalam penggunaan pupuk mutiara ini, yakni dengan cara diencerkan terlebih dahulu baru diberikan kepada tanaman, atau dapat ditebar langsung ke pusat tumbuh tanaman tanpa diencerkan (masih dalam bentuk padatan).

1. Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Cair 

Sebelum menggunakan pupuk NPK mutiara cair, sebaiknya anda ikuti terlebih dahulu tatacara dalam pembuatan larutan pupuk NPK mutiara cair berikut ini:

Bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan:

  • Siapkan 2 Liter air bersih
  • Siapkan 1 kg pupuk NPK mutiara yang masih dalam bentuk padatan;
  • Siapkan ember yang dapat menampung larutan dengan massa (berat) lebih dari 2 Liter;
  • Siapkan pengaduk dari batang kayu/sejenisnya;
Cara/step/langkah kerjanya adalah sebagai berikut:
  • Masukkan 1 kg pupuk NPK mutiara pada 2 Liter air bersih di dalam ember, lalu aduk dengan batang pengaduk dari bantang kayu/sejenisnya;
  • Aduklah hingga pupuk NPK mutiara padat tersebut larut dalam air, kemudian diamkan selama 5 - 10 menit hingga benar-benar menjadi larutan PNK mutiara cair;
  • Lewat dari waktu tersebut, setelah itu dapat segera digunakan. (gunakan langkah yang akan diberikan di bawah ini)   

Cara penggunaan larutan pupuk NPK mutiara cair

  • 2 Liter larutan pupuk NPK mutiara cair yang sudah dibuat tadi, selanjutnya dapat digunakan untuk beberapa kali pakai. Kalaupun larutan pupuk NPK cair habis, segera dapat anda buat lagi sesuai kebutuhan mengikuti langkah kerja di atas;
  • Cara penggunaannya: Untuk 2 Liter larutan pupuk NPK mutiara cair yang sudah dibuat selanjutnya dilakukan pengenceran terlebih dahulu, caranya dengan dimasukkan 2 Liter NPK cair tersebut ke 8 Liter air, kemudian kocor/aduk-aduk hingga merata, barulah setelah itu disiramkan ke masing-masing tanaman/tepat di bawah akar tanaman, yakni dengan dosis per tanamannya adalah 200 mL atau setara dengan besar gelas air minum sehari-hari khusus untuk tanaman sayur mayur dan tanaman buah monokotil (berakar serabut, contohnya: sayur bayam, tomat rampai, mentimun, sawi, dan lainnya), sementara khusus untuk tanaman sayur mayur dari golongan tumbuhan dokotil (berakar tunggang, misalnya pohon jambu hasil cangkok, durian cangkok, mangga cangkok, dan lainnya), sebaiknya gunakan 4 Liter larutan NPK mutiara cair yang sudah diencerkan ke tiap-tiap tanaman. 
  • Lihat dan catat hasil eksperimen, jika tanaman mengalami pertumbuhan yang bagus, berarti anda telah berhasil mengamalkan resep di atas. Selamat mempraktekkan. Semoga berhasil.
Nampaknya, jika anda mengikuti cara/prosedur penggunaan pupuk NPK mutiara sesuai panduan di atas, saya (guruilmuan.blogspot.co.id) pasti akan menjamin bahwa tanaman sayur maupun buah anda akan semakin lebih bagus.

Perkebunan Terong Lalap Kenari Tumbuh Subur Berkat Pemberian Pupuk NPK Mutiara
Perkebunan Terong Lalap Kenari Tumbuh Subur Berkat Pemberian Pupuk NPK Mutiara, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)


2. Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Padat

NPK mutiara padat dapat langsung disebarkan pada tanaman sayur mayur atau buah-buahan baik yang ditanam di area perkebunan hortikultura, halaman rumah, lahan persawahan, ladang, dan lain sebagainya.

  • Khusus untuk tanaman buah-buahan berbatang pendek dan tidak berkayu (monokotil) seperti, meliputi tomat, mentimun, jagung, kacang hijau, timun suri, semangka, dan tanaman monokotil (berkeping satu) sebaiknya berikan pupuk NPK mutiara sebanyak 0,1 kg tatau setara dengan 1 genggam tangan orang dewasa untuk tiap-tiap tanaman (per tanaman), diberikan pada tingkat usia tanaman tertentu, biasanya diberikan pada saat tanaman berumur di atas rata-rata 1 bulan ke atas. Sedangkan untuk tanaman buah yang berkayu seperti pohon jeruk nipis, jeruk manis, durian cangkokan, mangga cangkok, alpukat cangkok, dan tanaman dikotil (berkeping dua) lainnya, sebaiknya berikan 1 kg pupuk NPK mutiara tersebut untuk tiap tanaman. Pemberian pupuk NPK mutiara pada tanaman jenis dikotil jangan terlalu sering, melainkan setiap 2 bulan sekali saja. Atau bisa juga diberikan tiap 3 bulan sekali.
  • Dosis pemberian/penggunaan pupuk NPK mutiara pada tanaman sayur mayur yakni 2 genggam/tanaman, atau pupuk tersebut dapat disebar secara acak dengan ditaburkan acak pada semua penjuru tanah tempat tanaman tersebut tumbuh.
Itulah tadi 2 cara bagaimana cara penggunaan pupuk mutiara untuk tanaman hortikultura, baik penggunaan secara diencerkan terlebih dahulu, maupun dengan cara diterbarkan langsung karena memang dari padatan pupuk NPK mutiara tersebut.

Untuk menambah wawasan teman-teman semuanya, jangan lupa baca juga ulasan menarik dari guru ilmuan tentang: Cara Pembuatan Pupuk Organik Dari Serat Jerami Padi Yang Dibakar.

Artikel Terpopuler

Cara Penggunaan Pupuk NPK Mutiara Untuk Tanaman Hortikultura
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

52 komentar

March 1, 2016 at 3:06 PM Delete

wah ijo2 tanemannya y, :)
untuk npk mutiara cair yang di aplikasikan ke tanaman serabut periode penyiramannya tiap hari mas?

Reply
avatar
March 3, 2016 at 7:51 PM Delete

saya pernah coba, tiap 2 atau 3 hari sekali saja bisa mas, tergantung kebutuhan tanaman sih..

Reply
avatar
May 18, 2016 at 11:04 PM Delete

kalau NPK mutiara apa bisa di pakai pada taneman air atau pada tanman aquarium
klu bisa gemana cara pengunaanya dan takaranya

Reply
avatar
May 20, 2016 at 6:12 AM Delete

Hallo pak Yono JKT, salam kenal untuk anda. Terima kasih telah berkunjung ke website guruilmuan.blogspot.co.id,
Terkait dengan pertanyaan bapak, mohon maaf pak, jujur saya sendiri belum pernah mengaplikasikan untuk pupuk NPK mutiara pada tanaman air/tanaman aquarium, jadi saya belum bisa menjelaskan lebih rinci kepada bapak. Nanti saya coba belajar dan cari referensinya dulu ya pak. Terima kasih.

Reply
avatar
June 18, 2016 at 7:27 PM Delete

kalau penggunaan pupuk mutiaranya untuk disemprotkan apakah pelarutannya sama dengan yang dikocor pak.??
mohon penjelasannya segera.
dan beri pustaka pak.terimakasih

Reply
avatar
June 19, 2016 at 6:12 AM Delete

Pupuk mutiara yang digunakan untuk disemprot, iya sama pak pelarutnya. Terimakasih.

Reply
avatar
June 27, 2016 at 2:14 AM Delete

Pupuk npk mutiara yang sudah di encer kan apa bisa di aplikasikan pada padi, berapa dosis perliternya? Terimakasih.

Reply
avatar
June 28, 2016 at 5:35 AM Delete

Halo pak Jayid Awal, salam kenal untuk anda. Setau saya bisa pak. Jika pupuk NPK Mutiara sudah dikocor (diencerkan), selanjutnya hasil kocor tadi dicampur dengan beberapa liter air. Untuk dosisnya yang saya ketahui adalah 8 - 10 sendok enceran pupuk NPK per 15 Liter air yang dimasukan ke dalam tangki. Semoga membantu. Terima kasih.

Reply
avatar
June 29, 2016 at 5:20 PM Delete

NPK mutiara kalau ditaburkan pada tanaman langsung akar cabe jamu gmn pengaruhnya?

Reply
avatar
June 30, 2016 at 6:06 PM Delete

Menurut referensi yg pernah saya baca, sebaiknya dalam pemberian pupuk NPK mutiara diberi jarak sekitar 15 - 20 cm dari pusat tanaman/akar tumbuh. Hal ini untuk mencegah kemungkinan sifat tidak adaktif tanaman terhadap suatu senyawa kimia pupuk pertanian tertentu. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.. :)

Reply
avatar
July 26, 2016 at 8:31 PM Delete

untuk tanaman kacang panjang bagaimana pak baik cair apa padat , sebelumnya trima kasih

Reply
avatar
July 26, 2016 at 8:32 PM Delete

untuk tanaman kacang panjang bagaimana pak baik cair apa padat , sebelumnya trima kasih

Reply
avatar
July 26, 2016 at 8:34 PM Delete

untuk kacang panjang bagaimana pak

Reply
avatar
July 26, 2016 at 10:40 PM Delete

Bisa pakai yang NPK padat dan juga NPK yang cair (dikocor dulu pupuknya). Kedua2nya menurut pengalaman saya bagus mas.

Reply
avatar
September 5, 2016 at 12:59 PM Delete

Pemupukan pakai npk mutiara sebaiknya berpakali sehari.

Reply
avatar
September 5, 2016 at 1:01 PM Delete

Sebaik nya berapa hari sekali pemupukan kocor npk mutiara

Reply
avatar
September 8, 2016 at 2:53 PM Delete

kalo untuk tanaman kakao usian 8 thn keatas, berapa jarak pemupukan dari batang tanaman?,
makasih pak atas ilmunya,

Reply
avatar
September 9, 2016 at 4:17 AM Delete

Hallo mas Pongky, salam kenal untuk anda,..
Berdasarkan pengetahuan saya, jaraknya bisa 30 - 60 cm pak. Hal ini banyak diterapkan di daerah-daerah penanaman kakao yang ada di kabupaten pesawaran (Provinsi Lampung). Semoga bermanfaat info dari saya tersebut. Terimakasih pak telah berkunjung ke blog saya.

Reply
avatar
September 9, 2016 at 4:35 AM Delete

Hallo pak Aji 182, salam kenal untuk anda. Izin menjawab: Untuk pemupukan pakai NPK mutiara kalo saya tidak setiap hari pak, tergantung juga dengan jenis tanaman serta umurnya. Kalo saya paling pantangan memberi pupuk NPK pada tanaman bibit yang baru disemai, atau tanaman yang di bawah umur 1 bulan. Pemberian NPK mutiara hanya saya lakukan pada tanaman yang berumur dewasa di atas 1 bulan setelah tanam (bst), dan itu dilakukan tiap 2 minggu sekali dengan diselingi pupuk kocor dari phonska, saya sudah menjelaskannya pada link artikel berikut ini, silakan klik pak >> http://guruilmuan.blogspot.co.id/2015/12/cara-pembuatan-larutan-pupuk-phonska.html . Terimakasih semoga bermanfaat. Maaf kalo ada kekurangan.

Reply
avatar
September 17, 2016 at 7:03 PM Delete

Kalau di pake di halama rumah bisa membahayakan linGKungan rumah gak pak pupuk nya

Reply
avatar
September 18, 2016 at 2:16 PM Delete

Hallo pak Ar Mia...izin menjawab pertanyaan Anda. Setau saya Jika penggunaan dilakukan dengan batas wajar, tepat sudah barang tentu tidak terlalu bermasalah bagi lingkungan. Terimakasih.

Reply
avatar
September 20, 2016 at 10:04 AM Delete

Mas, kalau untuk hidroponik tandon 60 liter, (pekatan NPK 2 liter sudah di oplos dengan 8 liter air), apakah tetap 200 mililiter kocoran?

Reply
avatar
September 30, 2016 at 6:19 AM Delete

disiramkannya pada aktu pagi,siang atau sore hari pak

Reply
avatar
September 30, 2016 at 7:33 PM Delete

Hallo pak Andre, salam kenal untuk anda. Inzin menjawab pak. Kalau berdasarkan pengalaman saya dulu mengaplikasikannya (disiramnya) pada waktu sore hari pak. Thanks.

Reply
avatar
October 9, 2016 at 3:50 PM Delete

Saya punya tanaman pepaya california, tingginya 12 cm, saya tanam di tanah. Lalu tanah di sekitar batang saya lubangi pakai kayu, sebanyak 3 lubang. Trus masing2 lubang saya beri npk padat 1 sendok makan ( shg 3 lubang = 3 sendok makan). Menurut anda, itu terlalu.sedikit atau kebanyakan?

Reply
avatar
October 9, 2016 at 7:44 PM Delete

iin bertanya pupuk npk hanyadi tabur atau harus di urug tanah..tks

Reply
avatar
October 10, 2016 at 1:14 PM Delete

Hallo pak Iqbal,,Bisa pak pake cara kedua-duanya, baik pemberian pupuk NPK secara ditabur dan juga diurug ke dalam tanah. Tapi usahakan beri jarak pak, jangan terlalu berdekatan dengan pusat tumbuh tanaman (akar), terutama bagi tanaman cabe yang masih dalam tahap/fase pembenihan. Terimakasih, semoga hari anda menyenangkan, Iqbal --Wahid !!

Reply
avatar
October 14, 2016 at 9:02 PM Delete

selamat malam bapak wahid
saya mau nanya.
pemberian pupuk npk mutiara untuk tanaman hias seperti bonsai beringin korea, bagus nya seperti bagaimana ya pak..
terimakasih :)

Reply
avatar
October 14, 2016 at 9:06 PM Delete

Selamat malam pak wahid.
saya mau bertanya, pemberian pupuk NPK MUTIARA untuk tumbuhan hias seperti Bonsai dosis nya brapa ya pak.. mohon pencerahannya pak wahid.
terimakasih..

Reply
avatar
October 15, 2016 at 5:00 AM Delete

Hallo pak Fuad Ketek. Salam kenal untuk anda. Terimakasih atas pertanyaannya.
Izin menjawab pertanyaan bapak. Jadi begini pak, mohon maaf pak, karena saya belum pernah mengaplikasikan pupuk NPK mutiara pada tanaman hias seperti bonsai beringin korea, maka saya sendiri belum berani untuk memberikan dosis pupuk pada tanaman bonsai tersebut. Terima kasih. Mungkin teman-teman petani lain ada yang mau bantu menjawab pertanyaan pak fuad? --semoga hari anda menyenangkan, pak Fuad - :D

Reply
avatar
October 22, 2016 at 8:10 AM Delete

Saya mau tanya, kalau untuk bunga marigold yg berumur 1 MST pengaplikasian pupuk npk sebaiknya bagaimana ya?
Marigoldnya saya tanaman menggunakan polybag berukuran 30 x 15 cm

Reply
avatar
October 26, 2016 at 6:28 AM Delete

Hallo pak Yuzky.. Salam kenal untuk anda. Terimakasih atas pertanyaan anda. Sebaiknya untuk tanaman pepaya yang masih memiliki tinggi batang 12 cm, maka sebaiknya gunakan terlebih dahulu pupuk organik/pupuk kotoran ternak (paling bagus dan rekomended pupuk dari tahi ayam yang telah dikeringkan), karena jika diberi pupuk anorganik menurut pengalaman saya itu kurang tepat. Sebab, tanaman sedang dalam masa penyesuaian diri/adaptasi dengan lingkungan barunya. Jika tanaman sudah berumur di atas 1 bulan, pemberian pupuk anorganik boleh dilakukan sebagai nutrisi tambahan bagi tanaman. Semoga membantu anda. Terimakasih.

Reply
avatar
November 17, 2016 at 5:14 AM Delete

Hallo ibu Ida Ayu, salam kenal untuk anda !
Untuk pemupukan pada tanaman bunga marigold, silakan Cukup dibuatkan lubang berjarak 10 cm dari pusat tumbuh akar, lalu masukan 1/2 sendok NPK, dan lihat hasilnya 10 hari ke atas, pasti pertumbuhan tanamannya akan bagus. Semoga jawaban saya membantu anda. Terimakasih.

Reply
avatar
December 9, 2016 at 8:48 PM Delete

Mlm pa,saya mau nanya kalo mutiara 16,16,16 di aplikasikan pada tanaman padi bunting tua,dosisnya saya pakai 20 kg per bahu/hektar itu kurang ga pa? Kalo kurang kira2 berapa gt. Mksh

Reply
avatar
December 11, 2016 at 1:19 PM Delete

Maaf mau tanya,saya baru memindahkan lengkeng dan durian dalam pot lalu sy siram dng pupuk mutiara warna biru yg dicairkan seperti yg diajarkan bapak pertanyaan sy kapan sy harus memupuknya kembali?terimaksih sblm dan sesudahnya

Reply
avatar
December 12, 2016 at 3:44 AM Delete

Hallo pak Hamzah Tamimi. Salam kenal untuk anda :)
Saya punya pengalaman yang sama dengan bapak.
Untuk pemberian pupuknya sebaiknya tiap 2 bulan sekali gpp mas, dengan dikombinasi/diselingi pupuk kandang. Rekomendasi pakai pupuk kotoran ayam yang telah dikeringkan 1 bulan. Semoga membantu. Terimakasih.

Reply
avatar
December 12, 2016 at 4:02 AM Delete

Hallo pak Adin Adyawinsa, salam hormat !
Oh iya pak silakan tambahkan 10 kg lagi pak. Namun, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan saja pak. Pemupukannya bisa dicicil harinya. Jadi jika hari ini kurang, bisa dibuatkan lagi keesokan harinya. Semoga jawaban dari saya membantu anda, pak !

Reply
avatar
December 23, 2016 at 10:27 PM Delete

Hallo pak Jay Dy, sebaiknya gunakan pupuk padatnya saja pak. Terimakasih., Semoga membantu anda. Maaf baru sempat saya baca komentar anda.

Reply
avatar
December 26, 2016 at 5:57 PM Delete

Maaf pak mau nanya. Saya tadi sore memberi pupuk npk pada beberapa tanaman buah dengan rata2 usia diatas 1thn. Dengan cara melubangi sekeliling pohon jarak 5-10 cm dan menebarnya dg dosis 5 sdm. Bahkan lebih itu gimana ya

Reply
avatar
December 27, 2016 at 3:46 AM Delete

Hallo pak Sandy Assegaf, salam kenal untuk anda. Setau saya langkah yang anda kerjakan sudah benar. Sip. Lakukan pemupukan pada tanaman buah minimal 1 bulan sekali, gunakan pupuk NPK Phonska bagus juga pak. Sembari diselingi dengan NPK mutiara. Thanks. Semoga berguna untuk anda.

Reply
avatar
January 2, 2017 at 12:33 PM Delete

Pak Wahid. Saya permisi tanya. Saya punya pohon sawo.tapi saya tanam di pot besar. Sekarang banyak buahnya dan bunganya. Pertanyaan saya.Apakah saat sedang berbuah dan berbunga, boleh di beri NPK yg sdh dilarutkan.terima kasih sebelumnyaa.

Reply
avatar
January 5, 2017 at 8:27 AM Delete

Hallo pak Budiono Prayogo... terimakasih atas pertanyaan anda. Salam kenal. Menurut saya boleh pak pemberian pupuk NPK pada tanaman yang sedang berbunga dan berbuah. Soalnya saya juga pernah mempraktekan pada tanaman jambu biji di pot. Hasilnya bagus pak. Silakan dicoba pak, semoga tidak ada masalah. Terimakasih.

Reply
avatar
January 22, 2017 at 5:14 PM Delete

Mau tanya pak..
Sy ingin tan. Bawang merah jg dikasih npk mutiara pak. Kl semprot dg dosis spt diatas? Bisakah diaplikasikn pd bawang merah umur 15 HST? Trm ksh..

Reply
avatar
January 26, 2017 at 7:41 AM Delete

Maaf baru saya balas komentarnya. Iya, insya Allah bisa kok pak Imiksrisubekti.. silakan dicoba pak. Karena dalam bertani itu perlu aplikasi, eksperimen, nanti jika dapat cara yang cocok terus dipertahankan. Semoga jawaban dari saya membantu Anda. Terimakasih.

Reply
avatar
February 11, 2017 at 9:48 AM Delete

Maaf pa mau tanya kalo untuk sawi pagoda Dosis pemberian NPK nya yg baik berapa y? Terus bagusnya cair apa padat? Terimakasih

Reply
avatar
February 14, 2017 at 10:56 PM Delete

Pak Guru, mohon maaf menggangu, saya ada pertanyaan yang saya kirim ke Masanger di FB Guru Ilmuan, terima kasih sebelumnya

Reply
avatar
February 17, 2017 at 2:45 PM Delete

oke segera saya coba cek pak. Terimakasih atas pertanyaannya.

Reply
avatar
March 16, 2017 at 11:32 AM Delete

HAllo Ibu Safitriani. Salam kenal ya bu... Untuk dosis NPK pada sawi pagoda sesuai yang saya jelaskan pada artikel di atas bu. Baik pupuk cair maupun padat semuanya baik digunakan untuk sawi pagoda. Semoga membantu anda. Terimakasih.

Reply
avatar
June 6, 2017 at 10:22 PM Delete

Malan Pak,kalau utk tanaman bayam yg berumur 5-6 hari dosis utk kocor atau semprot nya brp ya Pak? terimakasih

Reply
avatar
June 11, 2017 at 9:41 AM Delete

Hallo pak Nathanael, salam kenal pak. Maaf baru saya baru balas komentar bapak pada 11/06/2017...
Panduan di atas hanya untuk tanaman cabe pak, kalau kocor bayam pake phonska mohon maaf saya sendiri belum pernah mencoba, jadi saya belum berani berargumen. Silakan bapak coba dengan hasil eksperimen bapak sendiri, hasilnya nanti bisa dicoba share disini bagaimana hasilnya aplikasi larutan pupuk phonska cair pada tanaman bayam? terimakasih pak. Salam sedulur.

Reply
avatar
June 11, 2017 at 9:59 AM Delete

untuk dosis kocor pupuk NPK mutiara yang dikocor 1 kg pupuk ditambah air 4 liter. terus pas mau disemprot/kocornya setiap 4 liter larutan NPK mutiara dilarutkan pada air sebanyak 16 liter, baru aplikasikan pada tanaman bayamnya. Semoga berhasil ya pak.

Reply
avatar