Cara Pengeringan CABE JAMU Yang Bagus dan Cepat Berhasil

Cabe jamu (cabe jawa) yang berhasil dilakukan pemanenan biasanya akan menumpuk dan siap untuk dijual di pasaran. Beberapa petani/pekebun cabe jamu memang banyak diantara mereka yang menjualnya dalam bentuk kering maupun dalam bentuk buah yang belum dikeringkan. Kedua cara tersebut dapat dipraktekan, namun saya pribadi lebih mengharapkan anda menggunakan cara pengeringan terlebih dahulu sebelum diedarkan (didistribusikan) ke pasaran.

Supaya lebih praktis, alangkah baiknya cabe jamu dijual dalam bentuk kering, karena selain mudah di paket-paket atau dimasukan pada karung, juga dapat memperkecil risiko kebusukan serta kerusakan buah selama pendistribusian.

Jika dipelajari secara morfologis, permukaan luar buah cabe jamu sangat rentan mengalami kerusakan fisik, mudah sekali mengalami kematangan di luar pohonnya, sehingga pemetikan buah cabe jawa dapat dilakukan sesaat setelah buahnya tua berwarna cokelat agak kemerahan.

Buah yang telah dipetik, selanjutnya dapat dilakukan pengeringan, seperti cara-cara yang mungkin masih sering dilakukan oleh para petani/pekebun cabe jamu.

Menurut beberapa penjelasan dari rekan-rekan petani cabe jamu, ada beberapa standar pengeringan yakni harus mengikuti standar buyer anda yakni apakah tujuan dari pengeringan tersebut bermaksud untuk bumbu rempah, kosmetik, atsiri, dan lain sebagainya.

Jadi yang ada selama ini petani/pekebun cabe jamu masih menggunakan cara-cara tradisional yang bagus dan cepat untuk mengeringkan buah cabe jamu yang telah dipanen untuk tujuan produksi (dijual kepada produsen lainnya).

Buah Cabe Jamu atau Cabe Jawa Siap Dipanen
Buah Cabe Jamu atau Cabe Jawa Siap Dipanen. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Cara pengeringan yang mereka lakukan adalah dengan cara merebus beberapa kilogram buah cabe jawa yang telah matang/tua pada panci besar (selama 30 menit jangan sampai terlalu lunak untuk buah yang direbus), kemudian setelah direbus, barulah buah cabe jamu tersebut ditiriskan, lalu terakhir dijemur di atas seng yang memiliki permukaan rata atau dapat juga dijemur di lantai plester selama 3 - 4 hari. Dan sementara itu, prosesi pengeringan untuk cabe jamu tapal kuda mengikuti permintaan pasar.

Itulah tadi cara sederhana, bagus dan cepat dalam proses pengeringan cabe jamu yang telah banyak dilakukan oleh petani/pekebun cabe jamu di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa anda baca dan tambah wawasan dengan membaca artikel: Cara Budidaya Cabe Jawa Secara Vegetatif Agar Berbuah Lebat.

Artikel Terpopuler

Cara Pengeringan CABE JAMU Yang Bagus dan Cepat Berhasil
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar