Cara Mengatasi Buah Cabe Busuk Sebelum Panen

Kebusukan buah cabe sebelum panen memang menjadi kendala dan permasalahan serius bagi kebanyakan petani di Indonesia. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti anomali cuaca yang tidak menentu, curah hujan yang cukup tinggi, el-nino, hama dan juga penyakit ikut memberi sumbangsih pada permasalahan cabe tersebut.

Kebusukan buah pada cabe sebelum panen dapat disebabkan oleh hama seperti lalat buah (Drosophilla melanogaster), karena virus gemini, jamur parasit, hama dan lain sebagainya.

Buah cabe yang busuk sebelum panen, biasanya mempunyai ciri-ciri seperti buahnya mengalami perkembangan abnormal (tidak normal) yang ditunjukkan dengan adanya belatung pada buahnya, permukaan kulit buah menjadi berwarna loreng/tidak seragam, terkadang kebusukan buah cabe diikuti juga dengan perubahan warna pada kulit buahnya menjadi kecokelatan muda maupun cokelat tua.

Walaupun Musim Hujan, Tanaman Cabe Sehat Buahnya Tidak Busuk
Walaupun Musim Hujan, Tanaman Cabe Sehat Buahnya Tidak Busuk. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Jika anda mengalami hal ini, tentu saja anda dapat mengikuti beberapa kiat dalam mencegah dan mengatasi gejala busuk buah pada cabe dengan cara (pilih salah satu metode yang menurut anda paling cocok digunakan):

  • Gunakan fungisida Ziflo 90 wp, dengan dosis 3 sendok makan, pemberian sebanyak 2Xseminggu pada tanaman cabe yang buahnya busuk;
  • Dapat juga menggunakan Foipronil+Dimetoat;
  • Atau anda juga dapat menggunakan Bionik atau Perfection;
  • Semua produk obat pertanian di atas dapat dibeli di toko pertanian, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.
Itulah tadi cara mengatasi buah cabe busuk sebelum panen, yang sebenarnya kebusukan pada buah cabe tersebut lebih banyak disebabkan karena faktor intensitas curah hujan yang terlalu tinggi, sehingga kadar air di dalam buah cabe meningkat, ditambah lagi cuaca yang ekstrem juga ikut berpengaruh.

Semoga informasi di atas bermanfaat, jangan lupa anda klik dan baca juga artikel pengetahuan berikut ini: Waspadalah, Jangan Asal Campur Insektisida.

Artikel Terpopuler

Cara Mengatasi Buah Cabe Busuk Sebelum Panen
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar