Apa Boleh Daun Stroberi Disemprot Air Dingin Pada Saat Cuaca Panas Terik?

Perawatan tanaman stroberi terbilang cukup memadai dan membutuhkan konsistensi untuk menjalankan semuanya. Perawatan tanaman stroberi yang baik dan telaten tentu saja akan menguntungkan bagi tanaman itu sendiri. Karena bagaimanapun juga tanaman stroberi penting dirawat semaksimal mungkin supaya menghasilkan buah yang lebat dan sesuai harapan.

Salah satu perawatan yang mengedepankan sisi kesuburan tanaman, serta kesegaran tanaman dari cuaca yang ekstrem mungkin saja para petani/pekebun mengambil langkah dengan cara menyemprotkan air dingin pada waktu siang hari, namun apakah cara yang dilakukan ini benar?

Hari ini, Rabu, 27 Januari 2016, saya mendapatkan pesan masuk (inbox) via email dari pak Herryanto yang bertanya soal kalau siang hari cuaca panas terik, apakah boleh daun stroberi disemprot dengan air dingin?

Pertanyaan Pak Herry Soal Stroberi Yang Disemprot Air Dingin Pada Siang Hari
Pertanyaan Pak Herry Soal Stroberi Yang Disemprot Air Dingin Pada Siang Hari. (Capture Photo by gmail.com)

Melihat begitu pentingnya saya menjawab pertanyaan tersebut, maka saya mencoba untuk membantu menjawab permasalahan tersebut. Pertanyaan tersebut saya jawab tentunya berdasarkan pengalaman saya dan juga hasil diskusi (bincang-bincang) bersama rekan pekebun stroberi senior.

Berikut ini jawaban saya:

Secara fisiologis, pada waktu siang hari yang panas terik tanaman stroberi berada pada keadaan yang ekstrem, artinya perlakuan terhadap tanaman tidak boleh sembarang dilakukan.  
Sebaiknya, untuk penyegaran tanaman/daun stroberi, penyemprotan tanaman dengan air dingin dilakukan pada waktu pagi dan sore hari saja. Ini berdasarkan pengalaman dan sekaligus bincang-bincang yang pernah saya lakukan dengan rekan petani stroberi yang cukup bagus. 
Penjelasannya, pada waktu pagi hari tumbuhan melakukan aktivitas fotosintetik, dimana fotosintesis ini membutuhkan air dan cahaya matahari untuk mengonversi klorofil pada daun tanaman. Sementara itu, pada waktu sore hari, terik matahari tidak terlalu dalam, artinya tumbuhan telah berada pada fase setimbang, sehingga boleh dilakukan penyemprotan.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk rekan-rekan petani/pekebun stroberi, jangan lupa klik dan tambah wawasan anda dengan membaca artikel terkait berikut ini: Alasan Batang Stroberi Berwarna Merah dan Ada Semut?.

Artikel Terpopuler

Apa Boleh Daun Stroberi Disemprot Air Dingin Pada Saat Cuaca Panas Terik?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar