4 Manfaat Penting Buah TOMAT Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Buah tomat mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Kesehatan tubuh manusia dapat terjaga baik hanya dengan mengonsumsi buah tomat.

Kandungan gizi dan vitamin pada buah tomat sangat banyak. Beberapa senyawa-senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti vitamin C, Vitamin K, Vitamin A, mengandung beta karoten, dan lycopen.

Dari segi kesehatan (medis), buah tomat memiliki banyak manfaat seperti untuk diet bagi penderita obesitas (kegemukkan). Buah tomat mengandung serat tinggi dan biotin. Kedua zat-zat tersebut berguna untuk menjaga kebugaran tubuh, serta untuk melancarkan saluran pencernaan, sangat baik untuk diet harian anda.

Selain difungsikan untuk pangan, buah tomat juga digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan . Beberapa orang membuat masker dari buah tomat untuk memperindah kulit wajah dan menghilangkan flek-flek hitam di wajah (bekas jerawat). Selain itu, dimanfaatkan sebagai perawatan rambut.

Deskripsi Singkat Buah Tomat

Buah tomat berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tomat menyebar ke berbagai daerah di dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara (Indonesia).

Nama ilmiah tomat adalah Solanum lycopersicum.

Tanaman tomat dapat tumbuh baik di daerah berdataran rendah maupun dataran tinggi, mulai dari ketinggian lahan 200 - 900 meter di bawah permukaan air laut (mdpl).

Suhu yang cocok untuk tumbuh kembang tanaman tomat berada pada kisaran suhu 13 - 32 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban udara berkisar 79%.

Buah Tomat Rampai Sangat Menyehatkan Tubuh
Buah Tomat Rampai Sangat Menyehatkan Tubuh. Fotografer: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Buah tomat memiliki karakteristik berbeda-beda sesuai dengan jenis/varietasnya. Ada tomat yang memiliki buah berbentuk bulat penuh, lonjong, seperti spiral, bulat memanjang dengan ukuran bervariasi.

Buah tomat ukuran kecil biasanya memiliki berat 8 gram/buah, sementara itu tomat ukuran besar, terkadang mempunyai bobot buah 170 gram/buah.

Ada beberapa varietas jenis tomat yang dibudidaya oleh petani/pekebun di Indonesia, yakni diantaranya tomat gondol, tomat rampai, tomat santa, tomat apel, tomat belgia, tomat oval, tomat ratna, tomat berlian, tomat intan, dan lain sebagainya.

Manfaat/Fungsi/Kegunaan Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa buah tomat mempunyai kandungan vitamin C dan A yang cukup banyak. Vitamin A dan C berfungsi sebagai antioksidan dalam menangkal berbagai macam radikal bebas di atmosfer maupun yang terakumulasi di dalam peredaran darah (tubuh).

Karena fungsi antioksidan ini sangat penting, maka berikut ini manfaat buah tomat bagi kesehatan, mungkin akan menjadi referensi anda untuk memilih buah sehat dan berfungsi baik bagi kesehatan organ tubuh.

1. Anti Kanker

Penelitian terdahulu telah banyak mengulas manfaat dari buah tomat pada beberapa jurnal-jurnal ilmiah di dunia.

Banyak hasil penelitian tentang manfaat dari buah tomat. Sejauh ini, buah tomat telah dipercaya dapat menurunkan risiko jenis kanker prostat dan pembuluh darah, karena buah tomat tersebut mengandung zat alpha-tomatine. Zat tersebut telah terbukti memicu mematikan sel apoptosis pada sel kanker prostat.

Selain daripada itu, zat alpha-tomatine tersebut juga berperan dalam menekan angka pertumbuhan sel kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker pankreas dan kanker pembuluh darah.

2. Kesehatan Tulang dan Gigi

Senyawa/zat aktif lycopen pada buah tomat terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi pada manusia.

Lycopen merupakan zat kimia aktif pada buah tomat yang berfungsi untuk menurunkan tingkat oksidasi pada tulang dan gigi. Dengan kata lain, zat lycopen ini berfungsi mencegah kerapuhan pada tulang.

Konsumsi tomat dalam jumlah cukup dapat membantu orang-orang yang mengalami penurunan massa tulang, seperti gangguan pada tulang misalnya; osteoporosis, kifosis, lordosis, dan lain sebagainya. Perempuan yang mengalami menopause.

Untuk mendapatkan zat lycopen yang cukup tiap hari, maka minum 1 - 2 gelas jus tomat yang telah diblender.

3. Mencegah Sariawan dan Panas Dalam

Vitamin C pada buah tomat sangat penting untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Hal ini dapat membantu orang-orang untuk terhindar dari sariawan, tenggorokan kering, panas dalam, atau mencegah gusi berdarah/bernanah.

Akan tetapi, kelebihan vitamin C juga tidak baik, karena akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual (perut mules), serta terkadang bisa menyebabkan diare, feses berlendir, menceret. Maka dari itu, bijaklah dalam mengonsumi buah tomat. Secukupnya saja sesuai kebutuhan.

4. Kardiovascular

Buah tomat mempunyai manfaat untuk sistem kardiovascular pada tubuh manusia. Sistem kardiovascular meliputi jantung dan komponen penyusun lainnya yaitu pembuluh darah, darah, dan jantung. Jadi sistem kariovascular erat kaitannya dengan sistem peredaran darah.

Oleh karena alasan di atas, maka buah tomat yang mengandung banyak zat lycopen tersebut juga sangat bagus untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner, stroke, darah tinggi (hipertensi), darah rendah (hipotensi), arterosclerosis, serta baik untuk mencegah obsitas (kegemukan).

Zat antioksidan pada vitamin A dan C telah terbukti secara ilmiah dapat mengatur regulasi lemak dan kolesterol di dalam darah. Zat antioksidan ini sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan pembuluh darah, darah, dan jantung (kardiak).

Salah satu jenis antioksidan yang penting dalam buah tomat adalah zat lycopen, yang membantu menurunkan peroksidasi lemak (lipid) dalam darah. Peroksidasi lipid adalah suatu proses dimana lemak yang terdapat di membran sel melapisi pembuluh darah. Kerusakan ini dapat diperbaiki dengan penggunaan zat antioksidan pada beberapa jenis buah, termasuk dari sari buah tomat ini.

Manfaat lain buah tomat adalah untuk mengatur kadar trigliserida, kolesterol jahat (LDL), dan beberapa lemak di dalam jaringan otot/kulit.

Selain itu, buah tomat melalui zat plycopen juga terbukti mampu mencegah munculnya plak yang dapat menutupi aliran peredaran darah. Seperti diketahui bahwa plak ini berasal dari kolesterol jahat, sehingga jika dibiarkan dan tidak dibersihkan, akan berpeluang memicu terjadinya hipertensi (darah tinggi), stroke, dan jantung koroner.

Itulah tadi 4 manfaat penting buah tomat untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa silakan anda baca juga: Cara Budidaya Buah Tomat Menggunakan Pupuk Kandang Organik Agar Menguntungkan.

Artikel Terpopuler

4 Manfaat Penting Buah TOMAT Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar