Varietas Cabe Yang Cocok Ditanam Di Lahan Persawahan

Tanaman cabe merupakan salah satu jenis tanaman hortikultura yang banyak dibudidaya oleh masyarakat petani, pekebun, dan beberapa kelompok tani yang ada di daerah.

Seperti kita ketahui bersama bahwa, cabe merupakan produk ekspor Indonesia yang mengalami peningkatan harga pada peristiwa dan hari besar Nasional. Terutama pada saat menjelang Natal, tahun baru hijriah, hari raya idul fitri, dan lain sebagainya.

Di pasaran, harga cabe cukup tinggi, dan jika merosot harganya masih saja harganya tetap berada pada level stabil. Dan inilah yang menjadi latar belakang masalah, mengapa para petani/pekebun lebih senang membudidayakan cabe dibandingkan jenis tanaman lainnya.

Untuk mendapatkan kualitas buah cabe yang berkualitas tinggi, faktor dalam pemilihan varietas bibit tanaman sangat penting, di luar dari cara penanaman yang benar, juga cara perawatan yang dilakukan oleh petani/pekebun itu sendiri.

Khusus untuk lahan persawahan, ada beberapa jenis cabe yang sangat saya rekomendasikan. Berikut ini beberapa varietas bibit cabe yang paling cocok untuk lahan persawahan, dengan jenis tanah liat berlempung, atau tanah lempung berpasir.

1. Cabe Lado Hibrida F1

Berdasarkan pengalaman, dan beberapa pengamatan langsung di lapangan, di Kabupaten Lampung Selatan (Indonesia) banyak sekali petani cabe yang membudidaya cabe dari varietas Lado Hibrida F1 ini di lahan persawahan mereka.

Mereka menanam cabe tersebut dengan sistem bedengan yang di atasnya diberikan mulsa plastik. Dan apa yang terjadi? Hasil panennya cukup melimpah dan banyak sekali.

Pohon Cabe Merah Keriting Berbuah
Pohon Cabe Merah Keriting Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Sebaiknya sangat direkomendasikan untuk tiap kali menanam cabe, baik dalam skala kecil-kecilan atau skala besar, untuk selalu menggunakan mulsa plastik dan tiang ajir. Baca juga: Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe.

Cabe lado F1 hibrida ini memang sangat cocok ditanam di lahan persawahan, dan untuk membeli bibitnya anda dapat memperolehnya langsung di toko bibit tanaman.

2. Cabe Rawit Jengki

Untuk meningkatkan hasil pertanian cabe dalam jumlah melimpah, saya sangat merkomendasikan anda untuk menanam cabe rawit jengki.

Cabe rawit jengki ini sangat bagus sekali dan cocok ditanam di lahan persawahan dengan jenis tanah lempung berpasir.

Cabe Rawit Jengki di Lahan Persawahan, Buahnya Sungguh Lebat
Cabe Rawit Jengki di Lahan Persawahan, Buahnya Sungguh Lebat, Foto Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Dari beberapa pengalaman yang saya lakukan, menanam cabe jengki menggunakan pot tidak lebih baik dibandingkan menanamnya langsung di lahan terbuka seperti di sawah.

Sama halnya dengan cabe dari varietas Lado F1, sebaiknya penanaman cabe rawit jengki ini menggunakan tiang ajir dan mulsa, agar pertumbuhan tanaman jauh lebih bagus, serta mengurangi kemungkinan adanya gangguan dari hama dan penyakit yang bersifat parasit untuk tanaman cabe itu sendiri.

3. Cabe Rawit Besar

Pada dasarnya penggolongan cabe rawit besar dapat meliputi cabe hijau, cabe merah keriting, dan cabe merah besar. Ketiga jenis cabe ini juga sangat cocok ditanam di lahan persawahan.

Selain ketiga jenis/varietas cabe yang disebutkan di atas, ada juga jenis cabe yang juga sangat cocok ditanam di lahan persawahan, seperti misalnya: Hot beauty, Tanjung-1, Lembang-1, cabe juwita, taruna.

Itulah tadi ketiga jenis cabe yang menurut pengalaman saya dan rekan-rekan petani lainnya yang sangat cocok ditanam di lahan persawahan. Semoga bermanfaat.

Bonus, silakan baca: Macam dan Jenis-Jenis Cabe Budidaya Yang Bisa Ditanam di Indonesia.

Artikel Terpopuler

Varietas Cabe Yang Cocok Ditanam Di Lahan Persawahan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar