Rahasia Pupuk Agar Jeruk Nipis Cepat Berbuah Lebat

Setiap pembudidaya tanaman jeruk nipis pasti menginginkan hasil panen menjadi lebih banyak, unggul, dan produktivitasnya tinggi.

Untuk mendapatkan harapan di atas, maka diperlukan beberapa metode seperti melakukan pemupukan tanaman jeruk nipis seperti yang banyak dilakukan oleh pembudidaya nipis di berbagai daerah.

Beberapa jenis pupuk yang baik dan terbukti baik dalam mendongkrak hasil panen jeruk nipis adalah pupuk phonska, pupuk NPK mutiara. Kedua pupuk ini sangat baik untuk memperbanyak buah jeruk nipis. Selain itu, pupuk kandang dari kotoran hewan ternak seperti pupuk kotoran ayam yang dikeringkan sebaiknya diberikan pada masa tanam awal dengan dosis 2 kg/tanaman jeruk cangkok yang dimasukan dalam lubang tanam.

Jeruk Nipis Berbuah
Jeruk Nipis Berbuah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Khusus pupuk NPK mutiara dan pupuk phonska sebaiknya diberikan tiap satu bulan sekali, dengan cara dibenamkan di dalam tanah di sekitar tanaman. Dosisnya adalah bulan ke-1 sejak tanam awal berikan pupuk phonska, bulan ke-2 beri pupuk NPK mutiara, dan seterusnya selang-seling antara pupuk phonska-mutiara hingga benar-benar tanaman jeruk nipis menghasilkan buah yang cukup banyak.

Perlu anda ketahui bahwa di dalam pupuk phonska, NPK mutiara, dan pupuk kandang banyak mengandung unsur hara Nitrogen (N), Magnesium (Mg), dan Phosfor (P) dalam jumlah tinggi dan sangat berperan penting dalam proses pembentukan organ tanaman, dalam hal ini bunga dan buah. Maka tak heran, apabila penggunaan kedua pupuk di atas sangat bermanfaat untuk mendorong pesatnya buah jeruk nipis yang kini telah dibudidaya.

Itulah tadi rahasia pupuk supaya tanaman pohon jeruk cepat berbuah lebat. Selamat mempraktekan semoga berhasil. Jangan lupa baca juga: Cara Budidaya Jeruk Nipis dengan Cangkok Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan.

Artikel Terpopuler

Rahasia Pupuk Agar Jeruk Nipis Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

1 komentar:

March 6, 2016 at 11:08 AM Delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar