Perjalanan Nge-blog Saya Tentang Pertanian di Guruilmuan

[Update 02/Des/2015] Perkenalkan, nama saya Wahid Priyono, S.Pd seorang yang memiliki hobi ngeblog, menulis, olahraga badminton, dan saya juga saat ini bekerja sebagai seorang guru di salah satu SMA di Provinsi Lampung dan ada lagi pekerjaan lain selain di sekolah. Saya juga merupakan alumni pendidikan biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung.

Di tengah-tengah aktivitas mengajar di sekolah tersebut, saya masih terus melakukan aktivitas menulis setiap harinya. Menurut saya menulis itu harus menjadi aktivitas rutin setiap hari tanpa ditawar-tawar lagi.

Inilah Salah Satu Laptop Yang Sering Saya Gunakan Untuk Menulis Di Blog
Inilah Salah Satu Laptop Kesayangan Yang Sering Saya Gunakan Untuk Menulis Di Blog, Foto Original by: Wahid Priyono

Saya sangat termotivasi dengan ucapan seorang penulis yakni Pramoedya Ananta Toer yang mengatakan bahwa menulislah untuk keabadian. Sehingga saya dari sejak SMA hingga kuliah dan saat ini masih berpegang teguh dalam pendirian saya bahwa: "Menulislah maka karyamu akan abadi". Tanpa menulis kehidupan ini akan terasa hampa, dan ketika kehampaan itu ada, maka karya kita akan sedikit. Padahal menulis adalah sesuatu yang sangat menyenangkan dan dapat memperbaiki fungsi otak untuk berpikir lebih cerdas.

Salah satu manfaat yang begitu penting mengapa semua orang harus menulis di blog miliknya? tak terkecuali untuk seorang petani dan ahli profesi lainnya, karena menulis itu pekerjaan yang tergolong ibadah, jadi jika kita menuai kebaikan melalui tulisan yang dibuat, maka insya Allah kebaikan juga yang akan diperoleh, begitupun sebaliknya, jika tujuan (niat) melakukan kegiatan menulis sesuatu karena tujuan duniawi dan tujuan buruk, maka ingatlah bahwa azab Allah sangat pedih. Oleh karena itu, menulis harus tetap berhati-hati, karena tulisan itu "pedang" yang dapat menghujam siapa saja yang mendekatinya.

Sejak tahun 2011 hingga 2015 aktivitas menulis saya semakin menaik, meskipun beberapa blog saya kelola dan pada akhirnya tidak berjalan optimal sesuai yang saya targetkan. Namun, dengan hadirnya blog: http://guruilmuan.blogspot.com/ yang telah launching pada tanggal 15 Juni 2015 maka aktivitas menulis saya semakin rajin, dan beberapa artikel telah saya buat dengan tanpa kendala apapun. Mungkin personal branding menulis saya lebih cenderung cocok pada topik tentang "pertanian" dan terlebih lagi saya diterima menjadi publisher Google AdSense.

Dalam aktivitas sehari-hari saya selalu meluangkan waktu untuk menulis di blog, tentang apapun itu ide yang sedang saya pikirkan maka bisa jadi itu akan menjadi karya tulisan yang saya posting di blog. Kadang-kadang saya mencoba untuk melakukan aktivitas blogging di ruang guru, karena saya merasa nyaman ketika menuliskan sesuatu hal di ruang guru, termasuk mengoreksi nilai siswa maupun ngeblog.

Ruang Guru Yang Kondusif Untuk Aktivitas Negblog (Di Tempat Saya Bekerja)
Ruang Guru Yang Kondusif Untuk Aktivitas Negblog (Di Tempat Saya Bekerja), Foto Original by: Wahid Priyono

Secara riwayat, ayah dan ibu saya memang sangat gemar berkebun, termasuk dengan diri saya pribadi yang juga hobi berkebun dan menanam berbagai jenis tanaman holtikultura buah maupun sayur. Apapun hasil pertanian yang kami kerjakan, saat panen biasanya saya akan mencoba untuk mendokumentasikannya dalam bentuk foto kemudian dilengkapi pada artikel dalam blog guruilmuan ini. Semoga hadirnya blog mungil ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi rekan-rekan semuanya.

Artikel Terpopuler

Perjalanan Nge-blog Saya Tentang Pertanian di Guruilmuan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

8 komentar

December 3, 2015 at 2:08 PM Delete

semangat terus mas :) Semoga blognya bisa manjadi blog pertanian sukses, yang dapat memberikan manfaat kepada seluruh petani di Indonesia :) Salam kenal ya mas:) Kebetulan saya juga di Bandar Lampung :) Siapa tau kita bisa diskusi bertukar pengalaman soal blog :)

Reply
avatar
December 3, 2015 at 4:54 PM Delete

Iya salam kenal juga mas.. Terimakasih mas Usmar Ismail atas motivasinya, hehe... Walah, anda dari kota Bandarlampung ya? hehe, saya di Lampung Selatannya (daerah Natar) deket sekali ya dari kota Bandarlampung.. Iya anda tinggal di Bandarlampungnya daerah mana? wah Anda juga ternyata seorang yang hobi ngeblog ya.. sip

Reply
avatar
December 3, 2015 at 9:04 PM Delete

Kebetulan saya di daerah sukarame, saya ngeblog juga baru dan masih belajar :)

Reply
avatar
December 4, 2015 at 5:54 AM Delete

Sama-sama mas Usmar, saya juga masih terus belajar blogging sembari menyalurkan hobi menulis saya tersebut. Oh daerah Sukarame, sip. Salam persahabatan ya. hehe

Reply
avatar
December 4, 2015 at 7:36 AM Delete

Saya salut dengan Mas Wahid, hal yang luar biasa menurut Saya. Disela-sela kesibukannya tapi masih bisa menulis dan memberi manfaat untuk orang banyak.

Semangat terus ya Mas, sukses selalu ..

Reply
avatar
December 4, 2015 at 10:06 AM Delete

Salam kenal mas Asep Zefhy. Sukses juga untuk Anda. Terimakasih atas motivasinya. Ayo menulis :D

Reply
avatar
March 16, 2016 at 5:33 AM Delete

Mas kalo boleh tanya pakai template apa tampilannya lumayan, saya mau belajar ngeblog.

Reply
avatar
March 16, 2016 at 6:57 AM Delete

Hallo Saudari Rizki Nurmaini, salam kenal untuk Anda. Terkait dengan template blog yang saya pakai, maka saya menggunakan template dari Arlina Design (berbayar). Saudari Rizki dapat melihat di bagian bawah footer di blog saya ini yang sebelah kanan, silakan klik link "design by Arlina Design", disitu banyak sekali template-template premium (berbayar-harga terjangkau) dan gratis. Semoga bermanfaat.

Reply
avatar