Jarak Tanam Tanaman Sirsak Untuk Lahan Perkebunan

Pohon sirsak akan jauh lebih baik jika ditanam dilahan terbuka seperti di area khusus perkebunan hortikultura yang disediakan dalam beberapa hektar lahan sesuai yang dibutuhkan. Tanaman sirsak merupakan tanaman tropik dan sangat baik dibudidaya di wilayah Indonesia.

Letak geografis negara Indonesia yang begitu strategis, mengizinkan sekali tanaman sirsak untuk tumbuh di tanah nusantara. Akan tetapi, justru tanaman sirsak sangat baik ditumbuh kembangkan secara organik menggunakan pupuk kandang, serta dapat pula dilakukan penambahan pupuk anorganik sesuai kebutuhan.

Untuk menghasilkan buah sirsak yang cukup bagus, berkualitas, serta mempunyai perawakan tanaman yang ideal dan cepat menghasilkan buah, faktor penentuan jarak tanam tanaman sirsak sangat penting diperhatikan oleh remaja, bapak dan ibu tani/pekebun. Karena berdasarkan pengalaman, jika tepat dalam penanaman sirsak sesuai jarak tanam yang direkomendasikan oleh banyak petani sirsak profesional, maka niscaya hasil panen sirsak juga akan lebih menguntungkan.

Pohon Sirsak Sudah Mulai Berbuah Lebat
Pohon Sirsak Sudah Mulai Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Jadi, berdasarkan hasil sharing bersama dengan beberapa petani sirsak di daerah Gisting, Tanggamus (Provinsi Lampung), bahwa untuk jarak tanam dalam membudidaya tanaman sirsak adalah 2 X 2 meter (ini sangat ideal), dan jangan lupa juga bahwa pastikan lahan tanam harus terbebas dari gulma (rumput-rumput liar).

Untuk panduan lengkap tatacara membudidaya tanaman sirsak agak cepat berbuah lebat, silakan anda dapat membaca artikel berikut ini, klik link: Cara Budidaya Sirsak Agar Cepat Berbuah Lebat dan Menguntungkan Bagi Petani.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Tentunya untuk budidaya tanaman sirsak tidak harus dilakukan di lahan perkebunan hortikultura saja, akan tetapi di lahan-lahan perkebunan di samping halaman rumah juga dapat diterapkan. Selamat membudidaya tanaman sirsak, semoga berhasil.

Artikel Terpopuler

Jarak Tanam Tanaman Sirsak Untuk Lahan Perkebunan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar