Contoh Tanaman SAWI CAISIM HIDROPONIK

Teknik Hidroponik Tanaman merupakan cara bercocok tanaman tanpa menggunakan tanah, jadi media tanam yang digunakan adalah dengan serabut kelapa (sepet), air yang dicampuri nutrisi khusus untuk tanaman yang dihidroponik, atau dapat memakai bebatuan kerikil yang disusun sedemikian rupa.

Dalam bercocok tanam secara hidroponik biasanya jenis tanaman hias maupun tanaman sayur-mayurlah yang seringkali dibudidaya. Di Indonesia, pembudidayaan tanaman secara hidroponik telah banyak dilakukan di berbagai daerah seperti di Bogor, Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, dan beberapa daerah lain di Indonesia, termasuk Kota Bandarlampung dan Lampung Selatan merupakan tempat pembudidayaan tanaman dengan teknik hidroponik yang cukup pesat.

Sawi/Caisim Yang Dihidroponik Nampak Segar
Sawi/Caisim Yang Dihidroponik Nampak Segar, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Beberapa keuntungan tanaman secara hidroponik yakni tanaman akan jauh dari serangan hama dan penyakit tamanan, tanaman mudah mendapat perawatan, dapat dihasilkan tanaman yang lebih alami (organik) yang aman bagi tubuh dan lingkungan, serta harga jualnya di pasaran jauh lebih menguntungkan. Namun, di sisi lain ada juga kekurangan dari pertanian secara hidroponik yakni membutuhkan biaya yang cukup mahal, termasuk hal ini untuk pembelian nutrisi bagi tanaman, serta beberapa peralatan tanam seperti paralon PVC, starterkit hidroponik, rockwool, steroform, dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk membudidaya tanaman secara hidroponik cukup mudah dilakukan jika memang passion kita kuat dan ada kemauan untuk belajar secara rutin, telaten, tekun, dan berani untuk melakukan eksperimen. Karena itulah, pertanian hidroponik dapat ditempuh oleh semua kalangan profesi.

Berikut ini beberapa foto contoh tanaman sawi yang dibudidaya secara hidroponik, tentunya tanamannya akan jauh lebih subur dan mudah dirawat hingga panen.

Rangkaian Hidroponik 1:

Pertanian Hidroponik di Lahan Sempit
Pertanian Hidroponik di Lahan Sempit, Photo Original By: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Rangkaian Hidroponik 2:

Sawi Hidroponik Tampak Subur
Sawi Hidroponik Tampak Subur, Foto Original by: Wahid Priyono


Rangkaian Hidroponik 3:

Tanaman Sawi Hidroponik di Paralon PVC
Tanaman Sawi Hidroponik di Paralon PVC, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Rangkaian Hidroponik 4:

Hidroponik Pada Tanaman Sawi
Hidroponik Pada Tanaman Sawi, Foto Orisinil Oleh: Wahid Priyono

Itu tadilah penjelasan tentang contoh tanaman sawi hidroponik yang telah dibudidaya di daerah kecamatan Natar di Kabupaten Lampung Selatan (Indonesia). Jangan lupa baca juga: Hidroponik, Bercocok Tanam Tanpa Media Tanah. Semoga bermanfaat, ayo menanam. 

Artikel Terpopuler

Contoh Tanaman SAWI CAISIM HIDROPONIK
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar