Cara Semai Bibit Padi IPB 3S Sesuai Anjuran Yang Benar

Sebelum tanaman padi IPB 3S ditanam di area persawahan yang tergenangi air, maka langkah pertama yang selalu dilakukan petani adalah penyemaian bibit padi IPB 3S itu sendiri.

Langkah semai padi IPB 3S hampir sama dengan cara semai padi pada umumnya. Hanya saja, dalam penyemaian padi IPB 3S tidak membutuhkan lingkungan yang cukup banyak air.

Bibit Padi IPB 3S sedang Berkecambah
Bibit Padi IPB 3S sedang Berkecambah, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)















Untuk menyemai padi IPB 3S, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan. Mari ikuti petunjuk pedoman berikut ini:

1. Langkah Awal Sebelum Semai Bibit Dilahan Semai

  • Pertama-tama pilih dan belilah bibit padi IPB 3S secara resmi, bisa anda lakukan pemesanan bibit atau dengan langsung datang dan konsultasi langsung ke kampus Institut Pertanian Bogor (IPB);
  • Setelah bibit padi IPB 3S anda peroleh, maka selanjutnya anda rendam bibit padi tersebut di dalam bak plastik/bak permanen yang berisi air bersih selama 12 jam. 
  • Pada saat setelah 12 jam, buang air rendaman sebelumnya dan ganti dengan air yang baru dengan memastikan bahwa bibit terendam oleh air seluruhnya, dan biarkan selama 12 jam.
  • Keesokan paginya, setelah total 24 jam perendaman, lalu buang kembali air sisa rendaman terakhir, dan kemudian keringkan bibit dengan cara dimasukan ke dalam karung yang memiliki pori-pori agar air dapat merembes ke luar. Jadi setiap 6 jam sekali lakukan penyiraman pada padi yang telah dikeringkan di dalam karung dengan total durasi 4 kali penyiraman selama 24 jam.
  • Terakhir adalah bibit padi IPB 3S biasanya setelah pengeringan dalam waktu 2 hari 2 malam sudah mulai tumbuh kecambah dan siap untuk disebar ke lahan bedengan lebar di lahan persawahan. 
Bibit Padi IPB 3S sedang Disemai
Bibit Padi IPB 3S sedang Disemai, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

2. Penyemaian Bibit Padi IPB 3S yang Telah Dikecambahkan

Bibit padi IPB 3S yang telah dikecambahkan tadi maka siap untuk segera disebar/ditaburkan secara acak di lahan bedengan. Caranya adalah:
  • Buat beberapa bedengan ukuran besar dengan tinggi bedengan 30 cm, lebar bedengan 100 cm, dan panjang bedengan disesuaikan dengan kebutuhan. Bedengan dibuat di lahan persawahan yang sebelumnya telah diolah tanahnya hingga tanahnya menjadi agak becek;
  • Setelah bedengan dibuat atau setelah tanah semai menjadi lunak, maka di atas bedengan semai tersebut dapat diberikan pupuk kandang dari kotoran ayam yang telah dikeringkan, yakni dengan cara menaburkan pupuk kotoran ayam tersebut secara acak. Lalu biarkan selama 1 malam (24 jam);
  • Setelah 24 jam pembiaran lahan semai, maka keesokan harinya bibit padi IPB 3S yang telah dikecambahkan dapat langsung disebarkan di atas bedengan tersebut, dan tunggulah setidaknya 20 hari untuk mendapatkan tanaman padi IPB 3S anakan yang siap untuk ditanam di lahan terbuka;
  • Selama proses penyemaian petani juga harus tetap rajin memantau frekuensi/debit air di sekitar lahan semai. Usahakan air tidak berlebih sehingga menyentuh permukaan atas bedengan yang terdapat bibit semai. Pastikan juga bahwa pertumbuhan bibit seragam dan tidak terserang hama atau penyakit tungro pada tanaman padi muda.
  • Selesai, dan padi setelah umur 15 - 20 hari sudah dapat ditanam di lahan persawahan yang telah disediakan.
Itulah tadi penjelasan singkat tentang bagaimana cara semai padi IPB 3S sesuai anjuran yang benar. Semoga informasi di atas bermanfaat. Jangan lupa baca juga: Mengenal Varietas Padi IPB 3S, Produksi Capai 13,4 Ton.

Artikel Terpopuler

Cara Semai Bibit Padi IPB 3S Sesuai Anjuran Yang Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar