CARA PEMBIBITAN CABE RAWIT DAN CABE MERAH BESAR

Cara paling terbaru dan sering digunakan oleh para petani cabe dalam pembibitan yakni dengan menggunakan teknik steril pro.

Teknik pembibitan atau cara semai cabe dengan teknik steril pro adalah cara menyemai bibit cabe dengan menggunakan kain basah yang sebelumnya bibit telah direndam pada air hangat-hangat kukuh. Adapun tujuannya yakni untuk menghasilkan tanaman bibit yang serentak dalam waktu yang relatif cepat. Hasil dari teknik ini begitu bagus dan menjadi pilihan dari banyak para petani di dunia.

Cabe Merah Hibrida Lado F1 telah Berbuah Lebat
Cabe Merah Hibrida Lado F1 telah Berbuah Lebat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Ada beberapa langkah dalam pembibitan cabe rawit dan cabe merah besar, yakni dapat anda pelajari pada penjelasan point-per-point pada link berikut ini, silakan dibaca lengkap: Cara Semai Cabe "Steril Pro", Dihasilkan Tanaman Serentak.

Memang sangat saya sarankan untuk mencoba melakukan pembibitan cabe dengan teknik steril pro seperti yang sudah diberikan linknya di atas. Adapun keuntungannya adalah:

  • Hasil budidaya tanaman cabe akan jauh lebih efektif untuk segera mungkin menghasilkan tanaman unggul, tahan penyakit, dan tentunya produktivitas hasil panen jauh lebih menguntungkan;
  • Hasil dari penyemaian bibit (pembibitan) akan menghasilkan tanaman yang unggul, tumbuh secara serentak, dan tanaman lebih fresh (segar);
  • Perkecambahan biji lebih cepat dan praktis. Jadi biji yang disemai dengan teknik steril pro akan segera tumbuh sekitar 3 - 4 hari, atau bahkan lebih cepat dari pada itu;
  • Kualitas bibit terjamin, dan akan sanggup beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru nantinya.
Itulah tadi penjelasan mengenai teknik, metode (cara) dalam pembibitan cabe rawit dan cabe merah besar, semoga mampu memberi wawasan kita bersama. Mari saling mendukung dan memberi manfaat untuk sesama petani. Jangan lupa baca juga: 4 Cara Merawat Cabe Rawit Dari Serangan Hama dan Penyakit.



Artikel Terpopuler

CARA PEMBIBITAN CABE RAWIT DAN CABE MERAH BESAR
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar