Kiat Agar Berhasil Dalam Budidaya Tanaman Singkong

Keberhasilan dalam melakukan usaha pertanian memang sangat diimpikan oleh banyak petani di seluruh dunia. Termasuk tentang bagaimana berhasil dalam budidaya tanaman singkong yang dilakukan baik di sawah, ladang, kebun, atau daerah-daerah berdataran rendah lainnya.

Tanaman singkong termasuk jenis tanaman yang tidak manja, sehingga pembudidayaannya sangat mudah, praktis dan dapat dilakukan oleh semua kalangan, baik bagi pemula yang tinggal di wilayah perkotaan ataupun di desa.

Kebanyakan masyarakat desa menanam singkong masih menggunakan cara-cara konvensional namun tetap menghasilkan untung yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan setiap masing-masing petani mempunyai tips dan triknya masing-masing dalam meraih sukses di bisnis pertanian makanan pangan ini.

Pohon Singkong Pada Masa Pertumbuhan
Pohon Singkong Pada Masa Pertumbuhan, Foto Original By: Guruilmuan
Ada beberapa kiat/cara agar berhasil dalam budidaya tanaman singkong, berikut ini panduannya.

  • Karena tanaman singkong biasanya baru berumbi sekitar umur 7-9 bulan, maka sebaiknya lakukan juga proses pendangiran atau istilah lainnya melakukan pencangkulan kecil-kecil mengelilingi pusat tumbuh tanaman singkong, lakukan cara ini sebanyak 2 kali di bulan ke-3 dan bulan ke-6. Dengan Anda melakukan cara pendangiran ini, maka dijamin hasil panen singkong Anda tersebut akan berlimpah ruah (banyak). Sembari melakukan pendangiran, maka otomatis Anda juga melakukan kegiatan penyiangan yang bertujuan untuk mengoret/membersihkan lahan tanam singkong agar terhindar dari serangan gulma (rumput-rumput liar);
  • Lakukan juga pemupukan bersamaan dengan proses pendangiran lahan tanam sebanyak dua kali (3 bulan pertama, dan 3 bulan setelahnya sebelum panen). Sebaiknya sebarkan 3 genggam pupuk organik dari pupuk kandang (kotoran ayam kering) untuk tiap-tiap tanaman.
  • Jangan sekali-sekali Anda memetik daun singkong hanya untuk dijadikan sebagai sayur mayur yang dikonsumsi sendiri atau dijual di pasaran. Tauhkah Anda, jika tanaman singkong yang sedang mengalami pertumbuhan secara cepat maka jangan sekali-kali Anda memetik pada bagian ujung tunas batang, meskipun hanya sekedar untuk mencoba. Efeknya adalah umbi singkong akan semakin kecil dan kurang potensial jika dijual dipasaran.

Demikian informasi di atas tentang: Kiat Agar Berhasil Dalam Budidaya Tanaman Singkong". Semoga bermanfaat. Salam budidaya pertanian. Ayo berkebun. Ayo menanam.

Artikel Terpopuler

Kiat Agar Berhasil Dalam Budidaya Tanaman Singkong
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar