Keadaan Umum Pertanian di Daerah Kecamatan Natar Lampung Selatan

Kecamatan Natar merupakan salah satu daerah yang ada di kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia. Secara geografis kecamatan Natar berdasarkan sumber rujukan kecamatan Natar dalam angka (2012) bahwa kecamatan Natar mempunyai luas wilayah 25.374 ha atau 253,74 km persegi. Kecamatan Natar letaknya diantara kabupaten Lampung Tengah dan Kota Bandar Lampung.

Akhir-akhir ini, kecamatan Natar ini sering disebut sebagai kota baru, hal ini dapat diartikan sebagai sinyal bahwa Natar telah mengalami kemajuan dan perkembangan dalam berbagai sektor kehidupan.

Secara administratif, kecamatan Natar ini terdiri atas 22 desa seperti desa Bandarejo, Banjarnegeri, Branti Raya, Bumisari, Candimas, Hajimena, Haduyang, Mandah, Krawangsari, Merak Batin, Muara Putih, Natar, Negararatu, Pancasila, Purwosari, Pemanggilan, Rejosari, Rulung Helok, Rulung Raya, Sidosari, Tanjung Sari, dan Sukadamai. Sementara itu batas-batas wilayah kecamatan Natar adalah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara: berbatasan dengan Kecamatan Tigeneneng Kabupaten Pesawaran;
  • Sebelah Timur: dengan kecamatan Jati Agung Lampung Selatan;
  • Sebelah Barat: denan kecamatan Negeri Katon dan Gedong Tataan (Kebupaten Pesawaran);
  • Sebelah Selatan: berbatasan langsung dengan Kotamadya  Bandar Lampung.

Keadaan demografi kecamatan Natar mempunyai jumlah penduduk 170.992 jiwa terdiri dari, laki-laki sebanyak 87.558 jiwa (51,21%), dan perempuan 83.434 jiwa (48,79%), dengan sex ratio sebesar 104,94 yang artinya bahwa tiap 100 perempuan terdapat laki-laki sebesar 104,94. Berikut ini tabel sebaran penduduk berdasarkan umur di kecamatan Natar.



Komoditas pertanian di Kecamatan Natar terbilang cukup bagus di tingkat Nasional. Komoditas pertanian khususnya tanaman pangan yang dibudidayakan di kecamatan tersebut seperti tanaman padi, jagung, ubikayu, ubi jalar, kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau.

Secara rinci, untuk luas lahan dan produksi tanaman pangan di kecamatan Natar dapat dilihat pada tabel di bawah ini:



Sementara itu, distribusi penggunaan lahan di kecamatan Natar pada tahun 2011 dapat dilihat pada tabel di bawah ini:



Tabel di atas menunjukkan bahwa penggunaan lahan di kecamatan Natar sebagian besar digunakan sebagai lahan untuk sektor pertanian yaitu sawah 7.771 ha (30,63%), tegalan dan ladang 8.589 ha (33,85%), dan perkebunan 5.603 ha (22,08%). Hal ini telah menunjukkan bahwa kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi untuk pengembangan usaha di sektor pertanian.

Artikel Terpopuler

Keadaan Umum Pertanian di Daerah Kecamatan Natar Lampung Selatan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar