KARAKTERISTIK DAN PERAWATAN SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO)

Teman-teman ada yang tau gak nih tentang sapi?Emmm, pasti teman-teman pada penasarankan?. Nih, aku mau menjelaskan sedikit tentang karakter sapi, manfaat sapi, dan bagaimana cara berternak sapi. Tapi kasih tau gak yaaa?????. Emmm kasih tau aja deh, kita disini saling berbagi ilmu yaaa.

Sapi itu hewan mamalia. Hewan mamalia ini hewan yang menyusu. Sapi termasuk hewan herbivora. Herbivora itu merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Sapi berkembang biak dengan cara vivipar loh. Vivipar itu  hewan yang berkembang biaknya dengan cara melahirkan. Sapi banyak sekali jenisnya ada sapi simental, limousin, PO, brangus, sapi bali, sapi angus, sapi brahman dan yang pasti masih banyak lagi teman.

Sapi Peranakan Ongole
Sapi Peranakan Ongole, Foto Kontributor Oleh: Septa Eliya Rona


KARAKTERISTIK DAN JENIS-JENIS SAPI YANG SERING DITERNAK MASYARAKAT

Ini dia beberapa jenis sapi yang seringkali diternak oleh peternak sapi:
  • Yang pertama, ada sapi simental. Sapi simental berlemak tipis ini, memiliki prosentase bobot daging yang tinggi, bertubuh kekar dan berotot. Sapi simental ini dipelihara sebagai sapi perah ataupun sapi pedaging loh.
  • Yang kedua terdapat sapi limousine. Sapi limousin itu sapi pedaging dengan postur tubuh yang besar, panjang, padat, dan kompak. Sapi limousin ini banyak menjadi primadona, selain itu disebut sebagai sapi pedaging karena selain ketahanan hidup tinggi, sapi ini memiliki kanaikan berat badan perhari wahhh keren ya teman?. Nah, selain itu sapi limousin ini memiliki porsentase bobot daging di atas rata-rata, maka dari itu sapi jenis ini memiliki daya jual yang sangat tinggi, woow amazing !.
  • Yang ketiga sapi PO (Peranakan Ongole). Nah, sapi jenis ini nih yang sering kita temui. Sapi jenis ini sering sekali kita lihat di daerah pedesaan, nah dari populasi sapi potong yang ada, sapi jenis ini penyebarannya dianggap merata loh, sebab sapi PO juga  dijadikan sumber daging.
  • Yang keempat ada sapi brangus. Sapi jenis ini berasal dari persilangan antara jenis sapi angus dan brahman maka didapatlah keturunan sapi yang diberi nama brangus. Sapi brangus dan sapi angus ini ternyata hampir sama tapi jangan khawatir dengan mudah kita dapat membedakannya dengan cara melihat pada tanduk kecil yang dimiliki oleh sapi brangus sedangkan sapi angus tidak memeiliki tanduk sama sekali dikepalanya.
  • Yang kelima ada pula sapi bali. Siapa yang tak mengenal sapi bali?. Sapi bali ini adalah sapi potong asli dari negara kita sendiri loh, iya negara tercinta kita Indonesia, yang merupakan domestikasi dari banteng, dengan ciri spesifik, tubuhnya berukuran ramping tetapi padat sehingga berat bobotnya bisa mencapai 60% dari total berat tubuh keseluruhan. Secara keseluruhan, sepanjang tubuhnya memiliki warna rambut berwarna merah bata, kaki berwarna putih, pada punggungnya ditemukan buku hitam.
  • Yang Keenam terdapat sapi angus,hayo sudah pada tau belum?. Sapi pedaging unggul ini berasal dari negara Inggris yang merupakan bagian dari daratan benua Eropa . Daging dari sapi ini memiliki kualitas yang sangat bagus serta tidak terlalu banyak mengandung lemak. Selain itu, sapi jenis ini memiliki perawakan tubuh yang besar serta warna rambut yang tersebar pada kulit tubuhnya adalah berwarna hitam dan sapi angus ini tidak memiliki tanduk.
  • Ketujuh, ada pula Sapi Brahman. Sapi brahman ini berasal dari india loh, dan sapi jenis inilah salah satu jenis sapi potong unggul yang banyak diternakkan di Indonesia. Sapi ini memiliki ciri-ciri fisik tubuh yang dapat dikenali seperti berpunuk besar, memiliki gelambir dibagian leher, serta umumnya sapi brahman ini memiliki warna rambut coklat/merah, abu-abu dan atau bahkan berwarna hitam.

Kebayang gak sih gimana bentuk perawakan dari sapi-sapi tersebut?. pasti teman-teman pada penasarankan gimana bentuknya?, kalau belum melihat langsung itu rasanya gimana gitu kaya ada pahit-pahitnyakan, bener gak? hehe……

Ini aku punya gambar salah satu jenis sapi yang ada di Indonesia, sapi jenis ini adalah sapi PO (Peranakan Ongole).

Sapi Peranakan Ongole (PO)
Sapi Peranakan Ongole (PO), Foto Original Oleh: Septa Eliya Rona
Oke, selanjutnya kita akan membahas manfaat sapi, pasti teman-teman sudah ada yang tau nih beberapa manfaat tentang sapi tapi aku yakin pasti udah banyak yang lupa kan? hehe….

MANFAAT SAPI PERANAKAN ONGOLO (PO)

Oke mari kita ingat kembali. Sapi Peranakan Ongole (PO) ini hampir semua tubuhnya bisa dimanfaatkan loh, termasuk fesesnya. Ada yang tau gak nih manfaat dari feses sapi, fesesnya ini dapat diolah menjadi gas untuk kompor (BIOGAS) pengganti elpiji yang harganya naik mulu. Selain itu, bisa juga digunakan untuk pupuk tanaman. Waaaaaah hebat yaaaa?. Selain feses, urine atau pipisnya juga biasa digunakan loh sebagai bahan dalam pembuatan pupuk organik cair (POC).

Wooooow luar biasa, sapi bagi orang hindu dan india menganggapnya binatang yang suci. Selanjutnya kulitnya, kulit dari sapi PO ini bisa digunakan untuk membuat sepatu, tas, sabuk, dompet dan kerupuk kulit. Untuk membuat semua itu kita bisa memanfaatkan kulit dari sapi tersebut. Dagingnya baik sekali untuk dikonsumsi menjadi bahan olahan seperti bakso, abon, rendang. Tulang sapi ini dapat digunakan untuk membuat tepung, campuran pakan sebagai sumber protein untuk ayam. Kulit kaki menjadi hidangan istimewa di rumah makan padang, emmmm lezat yaaaaaa pasti pada pengen nih……. !!!!

Tulang belakangnya digunakan untuk sop buntut. Tulang rusuknya untuk iga bakar dan penyet, waduh jadi laper nih kalau bahas tentang makanan.
Selain itu, Hewan mamalia ini digunakan untuk membantu petani membajak sawahnya untuk meluku tanah garapan yang ingin ditanami tumbuh-tumbuhan.
Waaah…..banyak sekali ya manfaatnya?.

PERAWATAN SAPI PERANAKAN ONGOLO (PO)

Perawatan sapi ini sangat mudah loh teman teman. Sapi ini cukup diberi makan rumput atau jerami bisa juga daun singkong. Di bawah ini adalah gambar jerami dan daun singkong untuk pakan sapi jenis PO:
Pakan Ternak Sapi Ongole
Pakan Ternak Sapi Ongole, Foto Kontributor by; Septa Eliya R.
Dalam waktu sehari biasanya bapakku memberi makan 3 kali dan air minum yang bersih harus tersedia setiap saat. Bapakku memberi minum air bersih cukup dengan sehari sebanyak 2 kali. Dan untuk pakan biasanya bapakku memberi pakan kombinasi yaitu kombinasi antara hijauan dengan konsentrat.
Teman teman ada yang tau gak nih apa itu konsentrat?
Pakan Sapi Dari Jerami Tumbuhan Tebu
Pakan Sapi Dari Jerami Tumbuhan Tebu, Foto Original By: Septa E.R
Emmmm……Konsentrat adalah makanan sapi yang meliputi dari ampas singkong, kulit nanas, dedak (bubuk kulit padi yang keluar pada saat penggilingan), ampas tahu, ampas tebu, dan kulit biji kedelai, terkadang bapakku juga memberi tetes.
Ada yang tau gak nih apa itu tetes?
Tetes adalah air yang berasal dari sari tebu yang sudah tidak digunakan lagi, sehingga dalam satu ember air dicampurkan dua gelas tetes yang terbuat dari sari tebu ini tersebut.

Oiya, sapi juga harus terjaga loh kebersihannya terutama kandangnya. Soalnya jika kandang sapi kotor akan menyebabkan penyakit yang menyerang hewan mamalia ini. Pemeliharaan kandang pada kotoran sapi harus ditimbun ditempat lain agar mengalami proses fermentasi dan berubah menjadi pupuk kandang yang sudah matang dan baik bagi tanaman. Kandang sapi tidak boleh tertutup rapat agar sirkulasi udara di dalamnya berjalan lancar.
Ini kandang sapi yang sudah dibersihkan dengan bapakku, InsyaAllah kebersihannya terjamin loh hehe……
Kandang Sapi Yang Sudah Dibersihkan
Kandang Sapi Yang Sudah Dibersihkan, Foto Original by: Septa E.R
Waduh waduh bahaya yaaaaa kalau kandang sapinya kotor….bapakku membersihkan kandang sapi ini setiap dua hari sekali teman. Supaya sapi-sapi  PO dikandang sehat. Tak lupa setiap dua hari sekali bapakku memandikan sapi ke sungai.
Memandikan sapi cukup dengan sisa pakaian yang tidak terpakai untuk menggosok tubuhnya dan menggunakan sabun colek merk (EKONOMI) hihi malah promosi…

Jika sapi sapi sudah selesai dimandikan setelah itu ikatkan tali tambang yang ada di leher sapi ke pohon atau tempat yang kuat di bawah sinar matahari agar sapi merasa hangat. Setelah itu sapi dimasukan kembali kekandang.

Mari kita budidayakan sapi-sapi, ayooooo! Kita ciptakan daging-daging yang berkualitas dan super, ayooooo….. ! oh iya, jadi anak gembala, jadi anak gembala itu seru dan mengasyikan loh.

Sekian artikel dari aku semoga bermanfaat ya…… maaf jika ada kata-kata yang menyinggung dan tidak jelas yaaah namanya saja manusia yang pasti tidak pernah luput dari kesalahankan, hehe…… Semoga setelah membaca ini para generasi-generasi muda tertarik untuk membudidayakan sapi-sapi dan menciptakan daging-daging yang super dan berkualitas yaaaaa?. SALAM SUKSES……….(Ditulis Oleh: Septa Eliyana Rona, Editor: Wahid Priyono, S.Pd).

Artikel Terpopuler

KARAKTERISTIK DAN PERAWATAN SAPI PERANAKAN ONGOLE (PO)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar