Contoh Gambar Buah GAMBAS (Oyong) Yang Dibudidaya Petani

Buah gambas (biasa disapa: oyong) merupakan jenis dari tanaman saayur mayur dan buah holtikultura. Jenis tanaman ini banyak sekali dibudidaya di Nusantara. Pembudidayaan tanaman yang sangat mudah menjadikan serasa gampang dalam memetik hasil panen gambas tersebut.

Buah gambas setelah dipanen lalu dijual ke pasaran atau untuk dikonsumsi sendiri. Ada beberapa jenis menu kuliner dari bahan baku utama buah gambas, diantaranya adalah tumis gambas, sayur bening/sup gambas, opor gambas, sayur santan gambas, dan lain sebagainya.

Untuk membudidaya tanaman gambas sebenarnya tidak harus dilakukan di area pertanian yang luas, namun cukup di lahan pekarangan rumah, di perkebunan samping rumah atau di lingkungan pendidikan, perkantoran sangat tepat membudidaya tanaman jenis ini.

Selain gambas, sebaiknya di pekarangan/kebun yang anda miliki sebaiknya juga tanami juga berbagai jenis rempah, tanaman budidaya herbal, tanaman palawija, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Dengan banyaknya variasi tanaman yang dibudidaya maka dipastikan lingkungan semakin asri dan nampak tak gersang.

Berikut ini foto-foto gambar buah gambas (oyong) yang berhasil dibudidaya oleh para petani di Indonesia. Semoga bisa mengobati rasa penasaran anda tentang seperti apa bentuk morfologi luar dari tanaman gambas atau yang biasanya disapa oyong ini.

Foto 1:

Buah Gambas/Oyong
Buah Gambas/Oyong, Dokumentasi Foto Original by: Guruilmuan (Wahid Priyono)


Foto 2:

Bunga Gambas Berwarna Kuning Mirip Mentimun
Bunga Gambas Berwarna Kuning Mirip Mentimun, Foto Original by: Guruilmuan

Foto 3:

Buah Gambas Organik
Buah Gambas Organik, Foto Orisinil Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Foto 4:

Gambas Organik Menguntungkan
Gambas Organik Menguntungkan, Foto Original: Guruilmuan

Demikian itulah penjelasan beserta gambar dari deskripsi tanaman buah gambas yang mempunyai segudang manfaat bagi kebermanfaatan masyarakat. Jika anda tertarik untuk menanam gambas, silakan anda dapat mengikuti pedoman: Cara Menanam Gambas/Oyong di Halaman Rumah Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah menyimak.

Artikel Terbaru

Contoh Gambar Buah GAMBAS (Oyong) Yang Dibudidaya Petani
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar