Cara Budidaya STRAWBERRY Di POT Polybag Sampai Panen

Siapa yang tak mengenal buah strawberry? Buah strawberry merupakan buah yang sangat terkenal di belahan dunia. Buah yang mempunyai rasa khas ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan kuliner, kecantikan, dan perawatan dalam dunia medis terhadap pasien yang menderita penyakit tertentu.

Buah strawberry mengandung banyak vitamin C dan vitamin A layaknya seperti buah tomat. Vitamin C sangat dibutuhkan penting oleh organ-orang tubuh sebagai penunjang untuk melaksanakan sistem kerja di dalam tubuh. Selain itu, Vitamin C juga sangat terkenal sebagai antioksidan penting yang dapat menangkal radikal bebas yang ada di udara.

Karena, dari segi manfaatnya yang banyak, maka membudidaya tanaman strawberry dapat dilakukan oleh siapa saja yang benar-benar berniat untuk meluangkan waktunya melaksanakan kegiatan berkebun. Berkebun sendiri memang sangat menyenangkan dan dapat dilakukan di halaman rumah, di tempat kantor, maupun di lingkungan pemerintahan, kampus dan sekolah.

Budidaya Strawberry Menggunakan Pot Polybag Disusun Dalam Rak Bertingkat
Budidaya Strawberry Menggunakan Pot Polybag Disusun Dalam Rak Bertingkat, Foto Original: guruilmuan
Berikut ini akan dijelaskan secara terperinci bagaimana cara budidaya strawberry dengan menggunakan pot polybag supaya menghasilkan panen menguntungkan. Namun, demikian sebelum mengetahui tata cara pembudidayaannya, alangkah baiknya terlebih dahulu mengetahui syarat tumbuh serta karakteristik umum tanaman strawberry.

1. Karakteristik Tanaman Strawberry

Tanaman strawberry memiliki daun berbentuk ovale bergerigi lembut, daunnya berwarna hijau, batangnya tidak berkambium, sistem perakaran serabut, termasuk tumbuhan monokotil dari kelompok tumbuhan berbiji. Strawberry memiliki buah yang berwarna merah tua jika sudah matang. Buahnya memiliki rasa asam-manis dan sangat cocok ditambahkan untuk es krim maupun untuk dibuat sari buah.


2. Syarat Tumbuh Tanaman Strawberry

Tumbuhan strawberry dapat tumbuh baik pada lahan terbuka yang mempunyai tingkat pencahayaan matahari cukup sepanjang hari. Sebaiknya jika akan membudidaya strawberry juga penting mengetahui syarat tumbuh yakni berada pada kondisi lingkungan yang cukup dingin. Di daerah-daerah berdataran tinggi seperti di daerah Sawangan (Provinsi Jawa Tengah-Indonesia), serta di daerah Puncak Bogor (Jawa Barat), pembudidayaan tanaman strawberry banyak dilakukan oleh masyarakat setempat dengan menggunakan media pot polybag, karung, dan atau melalui tanah bedengan. Walaupun begitu, di daerah berdataran rendah yang ada di seluruh daerah di Indonesia juga masih bisa dilakukan budidaya penanaman strawberry, meskipun dari segi hasil masih terbilang di bawah rata-rata dari produksi panen strawberry yang dilakukan di daerah dataran tinggi.

Jenis tanah yang cocok untuk tumbuh kembang tanaman strawberry yakni tanah lempung berpasir, tanah liat berhumus yang juga dapat dicampuri dengan pupuk kandang dan kompos. Tingkat keasaman tanah (pH) harus berada pada pH = 6,7 - 7. Keberadaan suhu udara yang mendukung dalam pembudidayaan strawberry harus berada pada rentang suhu di kisaran 20 - 30 derajat celcius, dengan kelembaban 70 - 80%.

Di beberapa daerah pembudidayaan, curah hujan juga dapat menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya budidaya tanaman strawberry ini. Curah hujan yang diharapkan pertahunnya adalah pada kisaran 800 - 900 mm/tahun.

3. Cara Budidaya Strawberry dengan Pot Polybag

Sebenarnya dalam budidaya tanaman strawberry tidak harus dilakukan pada area lahan tertentu seperti di area perkebunan, di sawah atau daerah tegalan, dan area lahan terbuka lainnya, akan tetapi pembudidayaan strawberry pun dapat dilakukan di rumah sendiri atau di daerah-daerah pemukiman, di lingkungan kantor, lingkungan pendidikan (kampus,sekolah), dan lainnya.

Dalam berkebun dan budidaya strawberry dengan menggunakan pot polybag maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


  • Siapkan bibit strawberry yang sebelumnya sudah dibeli di toko tanaman atau dari pengambilan bibit secara vegetatif yakni mengambil bagian organ batang tanaman kemudian dijadikan bibit tanam.
  • Setelah bibit diperoleh, langkah selanjutnya adalah mencampurkan tanah dengan pupuk kompos/kandang dengan perbandingan 1:1 
  • Langkah berikutnya adalah memasukan tanah yang sudah disediakan ke dalam pot polybag atau karung yang telah disediakan, lalu bibit strawberry ditanam
  • Kemudian siramlah bibit tanam tersebut rutin setiap hari pagi dan sore hari. Usahakan bahwa kelembaban tanah terjaga, pastikan ketercukupan air terjaga dengan baik
  • Selanjutnya rawat tanaman strawberry mengikuti pedoman di bawah ini


4. Perawatan Tanaman Strawberry

Beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam pembudidayaan strawberry pada pot polybag agar hasil panen menguntungkan diantaranya:

  • Penyiraman: Intensitas penyiraman tanaman strawberry mulai dari waktu tanam awal hingga proses pembungaan pada strawberry harus benar-benar dilakukan secara intensif dan terjadwal. Pekebun harus memastikan bahwa tanaman selalu terjaga kelembaban air, sehingga akan meminimalisir keringnya tanah.
  • Penyulaman: Penyulaman dilakukan jika terdapat tanaman bibit muda strawberry yang telah mati, rusak, atau tidak tumbuh sempurna. Cara melakukan penyulaman yakni dengan menggantinya dengan tanaman bibit yang baru, kemudian tanam kembali pada pot polybag yang sudah pernah ditanami tumbuhan yang sebelumnya telah mati. Cari dan identifikasi juga penyebab kematian pada tanaman bibit yang mudah, kemungkinan kematian bibit dapat disebabkan karena jenis tanah yang buruk (tidak cocok untuk jenis varian strawberry), kandungan air yang berlebih, atau karena komposisi unsur hara organik yang terlalu berlebih.
  • Pemupukan: Pemupukan pada tanaman strawberry dapat menggunakan pupuk organik maupun anorganik sesuai dosis yang ditetapkan. Sebaiknya gunakan pupuk kompos dan pupuk kandang saja untuk memperoleh buah strawberry yang lebih berkualitas dan aman bagi tubuh. Cara pemupukan adalah dengan memberi 1 - 2 genggang pupuk organik tersebut pada masing-masing tanaman, pupuk kandang yang dianjurkan adalah pupuk kandang dari kotoran ayam, sementara untuk pupuk anorganik dalam 1 tanaman cukup diberi 1 sendok pupuk anorganik baik itu urea, TSP, KCL, dan jenis pupuk lainnya. Pemberian pupuk diusahakan agar tidak mengenai organ tanaman yang bersangkutan
  • Perampelan: Proses ini dilakukan dengan cara mengambil keberadaan batang atau tunas tanaman yang tumbuh berlebihan. Perampelan yakni dengan memotong 1 - 2 tunas aksiler (tunas yang ada pada samping tanaman dan seringkali merunduk) pada masing-masing pohon. Kemudian tunas tersebut dapat dibuang atau ditanam kembali sebagai bibit tanam vegetatif. 
  • Pemberian hormon pada tanaman (fitohormon): Beberapa pekebun ataupun penggemar tanaman buah holtikultura, telah menambahkan sejumlah hormon tumbuhan tertentu pada tanaman strawberry sehingga diharapkan mampu menghasilkan buah yang banyak dan lebat. Beberapa jenis hormon yang seringkali diinjeksikan (disuntik) pada organ batang tanaman strawberry adalah hormon gas etilen agar mempercepat proses pematangan buah strawberry pada pohonnya, penggunaan hormon Indol Asam Asetat (Hormon Auksin) bersama giberelin  dapat mempertebal ukuran batang tanaman dan dapat memproduksi buah dalam jumlah banyak. Hormon tumbuhan tersebut dapat dibeli di toko penjualan tanaman atau konsultasikan terlebih dahulu penggunaannya dengan lembaga dinas pertanian setempat.
  • Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman strawberry: Dilakukan dengan cara mengontrol pada bagian organ tanaman secara keseluruhan. Jika misalnya terdapat belalang, lalat buah, busuk buah, ulat daun, ulat grayak, dan adanya jenis virus tertentu yang biasanya menyerang tanaman strawberry, maka segera lakukan tindakan pencegahan dan penanganan segera. Penggunaan pestisida hayati yang dapat dibuat sendiri juga mampu mengurangi populasi hama dan penyakit yang mungkin dapat menyebabkan produktivitas panen buah strawberry menurun. 

5. Panen dan Kegiatan Pasca Panen

Buah strawberry dapat dipanen pada umur sekitar umur 1 - 2 bulan atau lebih sesuai dengan faktor perawatan. Ciri buah strawberry yang sudah siap panen memiliki daging buah yang agak kenyal dan empuk, jika dicicipi maka buahnya mempunyai rasa yang khas (sedikit masam), kulit buahnya umumnya berwarna merah tua atau merah muda, serta memiliki tangkai buah yang sudah agak cokelat kekuningan.

Cara pemanenan buah strawberry yakni dapat menggunakan gunting khusus pemetikan buah atau pisau tajam. Setelah buah dipetik, selanjutnya buah dicuci lalu dikering anginkan, kemudian buah di paket-paket dalam bungkus plastik dan dapat langsung dijual di agen-agen pemasaran buah, di toko swalayan, pasar tradisional, dan di toko buah-buahan.

Harga jual strawberry terbilang cukup berprospek dan menjanjikan. Dalam satu kilogram strawberry dapat dijatuhkan harga kisaran Rp. 35.000,00,- hingga Rp. 45.000,00,- untuk daerah di sekitaran kota Bandarlampung (Indonesia). Dan tentunya harga ini tidak sepenuhnya berlaku untuk daerah-daerah lain di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk membudidaya tanaman strawberry namun lokasi lingkungan Anda sangat sempit maka tak ada salahnya mencoba "Cara Budidaya STRAWBERRY Di Pot Polybag Sampai Panen". Semoga apa yang telah disampaikan di atas akan mampu menginspirasi rekan-rekan semua untuk mulai membudidaya berbagai jenis tanaman sayuran maupun buah di sekitar lokasi tempat tinggal masing-masing. Semoga berhasil, ayo berkebun, ayo menanam. Salam budidaya pertanian.

Artikel Terpopuler

Cara Budidaya STRAWBERRY Di POT Polybag Sampai Panen
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

20 komentar

October 29, 2015 at 12:23 AM Delete

melihat manfaat dari budidaya strawberry ini jd ingin menanamnya di halaman rumah, selain tidak rumit perawatannya bisa jg di jadikan mediasi penghilang kalau lagi jenuh . trimakasi for share

Reply
avatar
October 29, 2015 at 6:32 AM Delete

Iya, terimakasih saudari Vida Wicaksana, setuju dengan pendapat Anda bahwa berkebun strawberry di halaman rumah bisa dijadikan mediasi penghilang rasa jenuh. Salam kenal dan salam persahabatan.

Reply
avatar
November 29, 2015 at 5:56 PM Delete

Sy ingin bertanya, utk didataran rendah apa cahaya mataharinya boleh full 6-8jam per hari, dan apa perlu disemprot dgn air dingin pada batangnya?

Reply
avatar
November 29, 2015 at 6:03 PM Delete

Salam kenal sobat Depblu. Berdasarkan pengalaman saya, untuk pembudidayaan strawberry di daerah dataran rendah tetap dianjurkan untuk terkena sinar matahari, bisa 6 - 8 jam/hari, akan tetapi frekuensi penyiraman juga perlu diperhatikan, pastikan ketercukupan air dan nutrisi tanaman seimbang. Untuk mencegah dehidrasi pada tanaman strawberry penyemportan dengan air dingin dapat menjadi alternatif terbaik. Salam budidaya !!!

Reply
avatar
November 29, 2015 at 6:52 PM Delete

Apakah boleh diberi pupuk kandang dari kotoran sapi?

Reply
avatar
November 30, 2015 at 12:18 AM Delete

Saya sendiri pernah mas menggunakan pupuk kandang dari kotoran sapi untuk membantu dalam pertumbuhan tanaman strawberry, dan alhamdulillah hasil panennya cukup bagus, buah strawberrynya lebat dan daunnya menjadi lebih hijau. Pupuk organik (pupuk kandang&kompos) terbukti sangat baik untuk pertumbuhan tanaman strawberry dibandingkan dengan pupuk anorganik seperti urea, TSP, dan lainnya.

Reply
avatar
December 2, 2015 at 1:50 PM Delete

Siang pak, mau tanya dibatang strawberry saya ada beberapa ekor semut hitam,apakah itu tidak apa2? Dan batang strawberry saya berwarna kemerah2an, biasanya batangnya kan warna putih. Mohon penjelasannya.TQ

Reply
avatar
December 4, 2015 at 6:45 AM Delete

Hallo mas Herry,
Semut merupakan hama pada tanaman. Beberapa spesies semut, seperti semut merah juga sebenarnya sangat potensial merusak batang dan pucuk daun muda pada tanaman strawberry yang dibudidaya secara generatif. Jika pada tanaman strawberry mas Herry terdapat semut hitam, dipantau dulu apakah membuat tanaman menjadi kurus? kalau dulu waku saya coba tanam strawberry memang ada beberapa semut hitam terutama di pangkal dna ketiak daun, cuma saya biarin tidak masalah kok. Untuk masalah batang strawberry yang berwarna kemerahan maaf saya belum bisa menjelaskan. Namun kemungkinan karena bisa jadi terserang hama/penyakit. Tetap berhati-hati mas Herry, biasanya ada jenis hama dari jenis Nematoda (Aphelenchoides fragariae atau A. ritzemabosi) yang hidup berkoloni (mengumpul) di pangkal batang tanaman stroberi bahkan sampai pucuk tanaman. Gejala: tanaman tumbuh kerdil, tangkai daun kurus & kurang berbulu. Pengendaliannya yakni dengan penggunaan nematisida Trimaton 370 AS, Rugby 10 G atau Nemacur 10 G. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Reply
avatar
December 6, 2015 at 10:43 AM Delete

Itu nematisidanya harus campuran ketiganya atau boleh pilih salah 1?, nematoda itu apakah cacing? Bukannya cacing baik utk gemburkan tanah? Batang tanaman sy saja yg merah, tp msh tetap berbulu,dantidak kerdil.Tks

Reply
avatar
December 6, 2015 at 12:07 PM Delete

Mas Herry Lie, kemaren saya baru maen ke tempat temen saya yang kebetulan juga dia telah berkebun strawberry, saya sudha mendapat jawaban pastinya kenapa batang tanaman strawberry berwarna merah, silakan baca ini mas artikel ini mas >> http://guruilmuan.blogspot.co.id/2015/12/alasan-batang-strawberry-berwarna-merah.html
Terimakasih.

Reply
avatar
December 6, 2015 at 2:43 PM Delete

Sdh sy baca mas, berarti gimana cara menambah asupan kalium? Dr pupuk jenis apa? NPK mutiara apakah bisa? Atau dari kulit pisang ditanam dlm tanah. Selama ini sy beri pupuk yg rutin yakni dari ampas teh celup,air rebusan telur,dan akhir2 ini menggunakan pupuk kandang. Sy rasa semut2 hitam itu, karena bubuk2 ampas teh itu yg telah diseduh, itukan mengandung gula, apakah itu pemicu datagnya semut2 tadi?

Reply
avatar
December 6, 2015 at 3:36 PM Delete

Didaun strawberry sy, ada bercak daun keungu2an dan ada yg putih, apakah itu hama jamur ya? Antisipasi dgn fungisida merk apa pak? Tq

Reply
avatar
December 13, 2015 at 9:18 AM Delete

Maaf baru saya balas komentar anda. Asupan nutris Kalium (K) dapat menggunakan pupuk anorganik ataupun pupuk organik yang mempunyai komposisi Kalium. Kulit pisang/serat-serat tanaman yang dibusukkan yang dibuat kompos juga sangat bagus sebagai pupuk organik yang kaya akan kalsium. Untuk masalah semut-semut hitam itu bisa jadi mas pemberian ampas bekas teh bisa memicu munculnya semut-semut tersebut.

Reply
avatar
December 13, 2015 at 9:21 AM Delete

Tak menutup kemungkinan bisa jadi itu adalah ciri/indikasi daun dari tanaman strawberry mas Herry sedang terserang jamur penyebab karat daun. Ada beberapa jenis tanaman lain yang juga sering terkena penyakit karat daun, baca referensi berikut: http://guruilmuan.blogspot.co.id/2015/12/cara-mengatasi-penyakit-karat-daun.html . Semoga bermanfaat. Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Reply
avatar
December 13, 2015 at 9:26 AM Delete

:-bd saran saya untuk mas Herry Lie tetap mengontrol perkembangan tanaman strawberrynya. Untuk pencegahan penyakit karat daun yang ditandai dengan daun memiliki bercak putih, silakan baca artikel berikut, semoga bisa membantu terkait cara penanganan dan penggunaan pestisida yang tepat, baca > http://guruilmuan.blogspot.co.id/2015/12/cara-mengatasi-penyakit-karat-daun.html

Reply
avatar
December 16, 2015 at 9:00 PM Delete

Malam, sy ad usul, utk pertanyaan2 , bagaimana dibuatkan grup WA, agar lbh interaktif. Sy jg ingin bertanya sy memakai pupuk poc bmw dan npk 16 16 16, itu apa bagus utk strawberry?.tks

Reply
avatar
December 29, 2016 at 11:00 AM Delete

selamat pagi mas. saya mau bertanya, dalam pemberian pupuk kandang itu bagaimana caranya ya? apa disebar saja di atas tanahnya atau di larutkan baru disiram ketanahnya. kemudian apabila pupuknya itu npk bagaimana cara pemberiannya? saya dapat saran dari petani strawberry katanya pemberian pupuk npk bisa di tarus di dalam tutup botol lalu di tanam di tengah2 pot, apa bisa seperti itu? terimakasih banyak sebelumnya :)

Reply
avatar
January 5, 2017 at 8:38 AM Delete

Hallo Ferbriani Ramadhania, salam kenal untuk anda :)
Berdasarkan pengalaman saya, pupuk NPK sebaiknya diberikan pada waktu tanaman strawberry sudah mulai berbunga. Caranya bisa mengubur pupuk NPK di sekitar tempat tumbuh tanaman. Dosis 1 sendok NPK/tanaman. Jarak kubur pupuk dengan akar tanaman adalah 8 - 10 cm. Ketinggian lubang kubur setidaknya 4 cm. Semoga membantu anda, terimakasih.

Reply
avatar
January 30, 2017 at 8:14 PM Delete

Salam mas,saya mau tanya.tanaman stroberi saya sudah tumbuh subur dan daun nya segar&hijau.tetapi sudah lebih dari 3bln masih belum berbuah. Saya cuma pakai pupuk organik mas. Mohon dibantu saran nya buat saya bagaimana solusi nua buat tanaman stroberi saya��

Reply
avatar
February 4, 2017 at 7:11 AM Delete

Hallo Mrs. Vickrianie, salam kenal untuk anda. Izin menjawab semampu saya ya. Kalau menurut saya itu dicoba pake pupuk grow, supaya merangsang pembentukan buahnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Reply
avatar